BAGONG, SI BURUNG ANEH

PhotobucketBagong merupakan burung cinta (Love bird) yang dipelihara oleh Ilyas (anggota Polres Parepare) terbilang aneh. Pada dada burung ini, menempel telur yang tidak bisa terlepas. Ilyas menuturkan, ia membelinya tiga bulan lalu di kilometer satu Parepare. Bagong yang sudah tiga kali berpindah tangan dibelinya dari seorang penjual burung bernama Anwar seharga Rp400 ribu.

Bagong dipelihara bersama sejumlah burung pejantan cinta. Hanya saja burung pejantan tidak ada yang mau mendekati Bagong. "Bagong baru bisa didekati burung pejantan yang berwarna sebagian besar hijau, kepala dan bagian tubuh atas orange," katanya, kemarin. Bersama burung jantan inilah, tambah Ilyas, Bagong berhasil bertelur, jumlahnya enam butir. "Anak saya melihat Bagong keluar dari sangkarnya dengan membawa tiga butir telur. Awalnya saya tidak percaya, tetapi ketika kembali menginformasikan, saya angsung keluar melihatnya. Saya lihat telur ada di dada Bagong," ungkapnya.


Bagong juga termasuk burung cinta yang jinak tapi pemalu. "Akhir-akhir ini Bagong sangat pemalu, mungkin juga karena telurnya yang melengket pada dadanya. Buktinya ketika beberapa teman yang datang ingin melihatnya, dia langsung masuk dalam sarang yang ia tempati mengerami telur. Dia begitu sensitif, padahal awalnya dia sangat jinak," tambahnya.

Burung ini terbilang gampang dalam hal perawatan, karena pakannya murah dan mudah didapatkan. Hanya jagung muda dan kangkung. Walau awalnya Ilyas berniat menjual Si Bagong, tetapi ketika kejadian unik ini, dia enggan untuk menjualnya.
(Sumber: Pare Pos, SENIN, 24 OKTOBER 2011)

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.