Photobucket

Contoh RPP Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 
Sekolah                         :   …………………………
Mata Pelajaran             :   Ilmu Pengetahuan Alam ( SAINS )
Kelas/Semester           :   VI / 1
Materi Pokok                :   Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu                             :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                           :   Ceramah & Penugasan

A.    Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

C.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
  2. Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
  • Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
  • Punuk pada unta.
  • Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
  • Alat pendeteksi benda pada kelelawa
  • Kaki lengket pada cecak dan tokek.
D.    Materi
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.

E.     Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
  • Buku, artikel atau majalah
F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
1. Kegiatan Awal.    
Apersepsi  dan Motivasi :
     Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
  (5 menit)
2. Kegiatan Inti.  

#Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Memberikan pemehaman peta konsep tentang makhluk hidup
  • Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
  • Memancarkan bunyi dari mulutnya,
  • Bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
  • kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
  • Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
  • Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
  • Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
#Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
#Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
 















 (50 menit)
3. Kegiatan Akhir.
  • Memberikan kesimpulan
  • Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
  • Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
  • Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
  • Pemberian Pekerjaan Rumah (PR).
  (5 menit)

Pertemuan ke-2
1. Kegiatan Awal.
    Apersepsi  dan Motivasi :
  • Menyampaiakan tujuan pembelajaran
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya
   (5 menit)
  1. Kegiatan Inti
#Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Mempelajari Punuk pada unta.
  • Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
  • Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
  • Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
  • Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
  • Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
  • Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
  • Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
  • Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
  • Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
  • Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
  • Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
#Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
#Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
 















  (50 menit)
3. Kegiatan Akhir.     Memberikan kesimpulan :
  • Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
  • Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
     (5 menit)


G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  • Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
  • Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
 Tugas Individu


      Laporan



  • Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
  • Jelaskanlah cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

FORMAT KRITERIA PENILAIAN   
   
#Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
 Konsep
  • semua benar
  • sebagian besar benar
  • sebagian kecil benar
  • semua salah
4
3
2
1

#Performansi 

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


 
2.


 
3.
 Pengetahuan


 Praktek



 Sikap
  • Pengetahuan
  • kadang-kadang Pengetahuan
  • Tidak Pengetahuan
  • aktif  Praktek
  • kadang-kadang aktif
  • tidak aktif
  • Sikap
  • kadang-kadang Sikap
  • tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


#LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
             

CATATAN :
1. Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
2. Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        …………, ………………….20 …
        Mengetahui,        
                                                                      
            Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pelajaran




     …………………………….                                            …………………………….
NIP :                                                                     NIP :

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.