RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: …………………………
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( SAINS )
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok
: Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu
: 4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode
: Ceramah & Penugasan
A. Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
C. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
- Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
- Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
- Punuk pada unta.
- Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
- Alat pendeteksi benda pada kelelawa
- Kaki lengket pada cecak dan tokek.
D. Materi
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
E. Media Belajar
- Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
- Buku, artikel atau majalah
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1 | |
1. Kegiatan Awal.
Apersepsi dan Motivasi : Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan |
(5 menit) |
2. Kegiatan Inti.
#Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
|
(50 menit) |
3. Kegiatan Akhir.
|
(5 menit) |
Pertemuan ke-2 | |
1. Kegiatan Awal. Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit) |
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
|
(50 menit) |
3. Kegiatan Akhir.
Memberikan kesimpulan :
|
(5 menit) |
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
#Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep |
|
4
3
2
1
|
#Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek Sikap |
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
#LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
1. Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
2. Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………, ………………….20 …
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
…………………………….
…………………………….
NIP
:
NIP :
0 komentar:
Posting Komentar
SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.
Terima kasih !!!