LINGKUNGAN
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
I. STANDAR
KOMPETENSI
I.
|
PKn
|
|
1.
|
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
|
|
II.
|
IPS
|
|
1.
|
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
|
III.
|
Bahasa
Indonesia
|
|
Mendengarkan
|
||
1.
|
Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
|
|
Berbicara
|
||
2.
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan
memberikan tanggapan/ saran
|
|
IV.
|
Matematika
|
|
1.
|
Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
|
|
V.
|
IPA
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
II. KOMPETENSI
DASAR
1. PKn : - Mengamalkan makna satu
nusa, satu bangsa dan satu bahasa
-
Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-
sehari
2. IPS : - Menceritakan lingkungan
alam dan buatan di sekitar rumah dan
sekolah
- Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
3. B.
Indonesia : - Melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan
- Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan
mudah dipahami
4.
Matematika : Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka
5. IPA : -
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
-
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak
(makanan, kesehatan,
rekreasi, dan olah raga)
III. INDIKATOR
1. PKn :
- Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan
bangsa
- Menyebutkan nama organisasi pemuda di
nusantara
- Menyebutkan lima tokoh pemuda yang
ikut Kongres Pemuda
- Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda di lingkungan
rumah
2. IPS : - Mengidentifikasikan
kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan
sekitar
sekitar
- Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
- Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi
kehidupan
- Membuat denah rumah siswa dengan menentukan
arah mata anginnya
3. IPA : - Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak
hidup
- Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
- Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
- Menggolongkan tumbuhan berdasarkan
batangnya
- Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
- Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
- Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika : - Menulis bilangan secara panjang
(ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
- Menentukan nilai tempat sampai dengan
ribuan
- Melakukan operasi penjumlahan tanpa
menyimpan
- Melakukan operasi penjumlahan dengan
menyimpan
- Melakukan operasi pengurangan tanpa
meminjam
- Melakukan operasi pengurangan dengan
meminjam
5. B . Indonesia : - Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
- Membuat pertanyaan
tentang cara menggunakan
- Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam
cerita binatang
- Memberikan tanggapan dan alasan
tentang tokoh cerita binatang
- Menceritakan peristiwa alam melalui
pengamatan gambar
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. PKn : - Siswa dapat mengklasifikasi dan
membuat daftar tindakan yang dapat
mempersatukan bangsa
-
Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
- Siswa dapat
menyebutkan lima
tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
- Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda di
lingkungan rumah
2. IPS : - Siswa dapat
mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
buatan di lingkungan sekitar
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan
alam bagi kehidupan
- Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan
buatan bagi kehidupan
- Siswa dapat membuat denah rumah siswa
dengan menentukan arah mata
anginnya
3. IPA : - Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk tak hidup
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan bijinya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan akarnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan batangnya
- Siswa dapat menggolongkan tumbuhan
berdasarkan daunnya
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
pertumbuhan hewan
- Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri
pertumbuhan tumbuhan
4.
Matematika : - Siswa dapat menulis
bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,
satuan)
- Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai
dengan ribuan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan
tanpa menyimpan
- Siswa
dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
- Siswa
dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
- Siswa dapat melakukan operasi pengurangan
dengan meminjam
5. B . Indonesia : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
- Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara
menggunakan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat
tokoh dalam cerita binatang
- Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan
tentang tokoh cerita
binatang
- Siswa dapat menceritakan peristiwa alam
melalui pengamatan gambar
V.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
Awal
·
Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
·
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu
yang lalu
B.
Kegiatan
Inti
Minggu I
Pertemuan
pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN,
Matematika)
IPA
·
Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan
makhluk tak hidup
·
Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan
makhluk tak hidup
·
Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri
makhluk hidup
PKn
·
Guru menerangkan tentang negara Indonesia
·
Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang
mempersatukan bangsa
·
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan
bangsa
Matematika
·
Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
·
Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan
bilangan
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika)
Bahasa
Indonesia
·
Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi
udara sekitar
·
Guru menjelaskan cara menggunakan alat
pengukur debu
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
·
Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang
dilihat di lingkungan sekitar
·
Mengajak siswa mengamati gambar sungai,
danau, laut, gunung, lembah dan
pegunungan
·
Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
Matematika
·
Memperagakan dekak-dekak
·
Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak
·
Menentukan nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA)
Bahasa
Indonesia
·
Guru membacakan cerita binatang
·
Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita
binatang
·
Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam
cerita
Matematika
·
Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa
teknik menyimpan
·
Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan
dua bilangan
·
Membahas soal yang dikerjakan siswa
IPA
·
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan bijinya
·
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan akarnya
·
Siswa diminta mengamati biji salak dan biji
jambu air
Minggu II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
IPA
·
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan batangnya
·
Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan
penggolongan batangnya dalam bentuk tabel
·
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan daunnya
·
Siswa mengamati macam-macam daun
PKn
·
Guru menjelaskan bahwa Indonesia
terdiri dari beberapa suku
·
Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap
daerah di nusantara
·
Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber
kekuatan
Matematika
·
Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan
dengan teknik menyimpan
·
Guru menguji keterampilan siswa dengan soal
penjumlahan dua bilangan
·
Membahas soal yang tela dikerjakan siswa
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika)
Bahasa
Indonesia
·
Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat
tokoh dalam cerita
·
Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah
pernyataan
·
Siswa menanggapi cerita
IPS
·
Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan
buatan
·
Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi
kehidupan
Matematika
·
Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan
dengan teknik meminjam
·
Menguji keterampilan siswa mengurangi dua
buah bilangan dengan teknik meminjam
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia,
IPA, Matematika)
Bahasa Indonesia
·
Siswa mengamati dua buah gambar
·
Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar
tersebut
IPA
·
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan
berdasarkan daunnya
·
Siswa mengamati macam-macam daun
Matematika
·
Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan
tanpa teknik meminjam
·
Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
IPA
·
Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan
·
Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada
hewan
·
Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan
PKn
·
Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda
·
Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
·
Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam
kongres pemuda
·
Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada
kongres pemuda
Matematika
·
Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah
bilangan
·
Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah
bilangan tanpa meminjam
·
Menguji keterampilan siswa dengan soal
pengurangan
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika)
Bahasa
Indonesia
·
Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di
depan kelas
·
Siswa menanggapi pengalaman teman
IPS
·
Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah
yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
·
Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai
kegunaan setiap bagian utama denah rumah
·
Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada
denah rumah
·
Siswa membuat denah rumah masing-masing
Matematika
·
Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
·
Siswa mengerjakan soal-soal latihan
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia,
IPA, Matematika)
Bahasa
Indonesia
·
Mengamati gambar peristiwa alam
·
Menceritakan peristiwa alam melalui
pengamatan gambar
IPA
·
Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada
tumbuhan
·
Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
·
Melaporkan hasil diskusi
Matematika
·
Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan
dengan teknik meminjam
·
Menguji keterampilan siswa mengurangi dua
buah bilangan dengan teknik meminjam
C. Kegiatan Akhir
·
Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
·
Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang
diajarkan
·
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
VI.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber
belajar :
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa
Indonesia
5. Buku IPS
6. Eksiklopedia
7. Kamus Bahasa
Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan
majalah
10. Media elektronik
Alat Peraga
1. Gambar kenampakan alam
2. Gambar kenampakan buatan
3. Gambar peristiwa alam
4. Teks cerita binatang
VII. PENILAIAN
1.
Teknik Tes
Tes
dan non tes
2.
Bentuk Tes
Lisan:
1.
Keberanian menjawab atau menyampaikan pendapat
2. Ketepatan jawaban
3. Keseriusan dan
konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis:
1. Isian
2. Pilihan
Ganda
3. Uraian
4. Tes
perbuatan
3.
Instrumen Tes
1.
LKS
2. Lembar
observasi
Viii. Materi Pokok
1.
PKn
· Makna satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2. IPS
· Kerja sama
di lingkungan rumah
3.
IPA
· Ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan
pada makhluk hidup
· Sifat-sifat
benda
4.
Matematika
· Garis
bilangan
· Penjumlahan
dan pengurangan
· Perkalian
dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan
antar satuan waktu, panjang dan berat.
5.
Bahasa Indonesia.
· Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan
pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan
tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan
isi teks.
IX. MetodE Pembelajaran
1.
Informasi
2.
Diskusi
3. Tanya
jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian
tugas
0 komentar:
Posting Komentar
SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.
Terima kasih !!!