Photobucket

PTK (PeneLitian Tindakan Kelas)

PENGERTIAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

PTK dalam bahasa Inggrisnya adalah Classroom Action Reasearch (CAR). Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dengan maksud memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas.

Penelitian: suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat.

Tindakan: suatu kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.

Kelas: tidak terbatas pada pengertian ruang kelas, tetapi dalam pengertian yang lebih spesifik. Kelas disini diartikan sebagai sekelompok anak yang sedang
belajar. 


A.   Adapun prinsip_prinsip PTK yaitu: 
  • Metode pengumpulan data yang digunakan tidak menuntut waktu yang berlebihan karena dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran.
  • Metodologi yang digunakan harus reliabel.
  • Masalahnya adalah masalah yang merisaukan dan didasarkan pada tanggung jawab profesional.
  • Guru harus selalu konsisten dan memiliki kepedulian tinggi terhadap proses dan prosedur yang berkaitan dengan pekerjaannya.
  • Tidak dilakukan sebatas dalam konteks kelas atau mata pelajaran tertentu, melainkan dengan perspektif misi sekolah secara keseluruhan.
Model dalam melakukan PTK itu ada banyak model yang dikemukakan oleh para ahli, namun secara garis besar terdapat empat tahapan yang lazim, yaitu:
       (1) Perencanaan
       (2) Pelaksanaan
       (3) Pengamatan, dan
       (4) Refleksi

B.   Mengapa guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK ?
  1. Guru mempunyai otonomai untuk menilai kinerjanya
  2. Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran
  3. Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya
  4. Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik
  5. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.

C.   PTK sebagai salah satu metode penelitian terdapat beberapa keterbatasan, antara lain:
         1.Validitasnya yang masih sering disangsikan
         2.Tidak mungkin melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas
         3. Peran guru yang bertindak sebagai pengajar dan sekaligus peneliti sering membuat sangat repot.

D.   Manfaat PTK bagi Guru, yaitu:
1.Membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran
2.Meningkatkan profesionalitas guru
3.Meningkatkan rasa percaya diri guru
4.Memungkinkan guru secara aktif  mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya .


0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.