ENREKANG RAIH SWASTI SABA WIWERDA

PhotobucketENREKANG, SULAWESI SELATAN__Tahun ini Pemkab Enrekang kembali meraih Kabupaten sehat nasional untuk kategori Swasti Saba Wiwerda setelah Tahun 2009 lalu, Kabupaten Enrekang sukses meraih predikat Kabupaten sehat untuk kategori Swasti Saba Padapa. Sektor pemanfaatan pekarangan rumah warga dan program pengentasan kemiskinan menjadikan Enrekang sebagai juara. Sementara dua lainnya yang lebih dulu disabet yakni soal pembangunan infrastruktur dan kesehatan sendiri.

Jadi sekarang Enrekang sudah berada di level empat tatanan. Sebelumnya kan tahun 2009 Swasti Saba Padapa (Penghargaan Kabupaten Sehat dua tatanan). Tahun ini lebih tinggi, empat tatanan (Swasti Saba Wiwerda). Dimana semua program itu jelas erat kaitannya dengan kesehatan,” imbuh Kadis Kesehatan Enrekang, M Yamin. .

Di tingkat Sulsel, hingga kini hanya tiga kabupaten yang mampu setara dengan Enrekang di jajaran kabupaten sehat empat tatanan. Daerah tersebut adalah, Kabupaten Pangkep dan Soppeng. Sementara untuk predikat dibawahnya, satu tatanan, ada delapan kabupaten di Sulsel yang berhasil meraih. “Kalau level satu tingkat di atas Wiwerda, yaitu level Swasti Saba Wistara, sampai tahun ini baru ada di beberapa kota, dan kita targetkan akan dicapai tahun mendatang,” tandas Yamin.

Wakil Bupati Enrekang, H Nurhasan mengatakan, dua tahun mendatang (2013) potensi meraih predikat kabupaten sehat level selanjutnya bagi Enrekang terbuka lebar. “Asal peran serta setiap lingkup SKPD juga maksimal. Jadi beban bukan hanya di dinas kesehatan saja, tapi seluruh pihak yang masuk dalam daftar penilaian,” ujarnya.

Selain Nurhasan, Ketua Forum Kabupaten Sehat Enrekang, Silvy La Tinro juga mengikuti penganugerahan Kabupaten Sehat yang diterima langsung dari Kementerian Kesehatan RI di Jakarta, Senin 14 November 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.