KATA-KATA BIJAK ALBERT EINSTEIN

PhotobucketEinstein” yang identik dengan kata “Jenius” mengatakan, “Aku tidak punya bakat khusus. Aku hanyalah orang yang penasaran.” Hampir tidak ada seorangpun yang menolak jika Einstein dikatakan sebagai prototipe manusia jenius. Berikut berbagai pemikiran dan pendapat seorang Albert Einstein:

1. Religion without science is blind. Science without religion is paralyzed“. Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh.


2. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.

3. Sesuatu yang paling sulit dimengerti di dunia ini adalah pajak penghasilan.

4. Terpuruk dalam masalah merupakan peluang hebat untuk kita.

5. I have no particular talent. I am merely inquisitive“. Saya tidak memiliki bakat tertentu. Saya hanya ingin tahu.

6. If the facts don’t fit the theory, change the facts“. Jika fakta tidak sesuai dengan teori, rubahlah faktanya.

7. As far as the laws of mathematics refer to reality, they are not certain; and as far as they are certain, they do not refer to reality.“. Semakin hukum matematika menunjukkan realitas, menjadi semakin tidak pasti; semakin pasti, semakin tidak menunjukkan realitas.

8. Strive not to be a success, but rather to be of value“. Kerja keras bukan untuk sukses tetapi untuk sebuah nilai.

9. The release of atom power has changed everything except our way of thinking… the solution to this problem lies in the heart of mankind. If only I had known, I should have become a watchmaker“.  Pelepasan tenaga atom telah merubah segalanya kecuali cara kita berpikir… pemecahan untuk masalah ini tergantung kepada hati nurani umat manusia. Jika saya mengetahuinya, lebih baik saya menjadi pembuat jam tangan.

10. Tragedi kehidupan adalah sesuatu yang mati di dalam diri seseorang pada saat dia hidup.

11. I never think of the future. It comes soon enough Saya tidak pernah memikirkan masa depan. Masa depan akan segera datang.

12. If A equals success, then the formula is: A=X+Y+Z. X is work. Y is play. Z is keep your mouth shut“. Jika A adalah ‘sukses’, maka rumusnya adalah ‘A=X+Y+Z’, dimana X adalah ‘kerja’, Y adalah ‘bermain’, dan Z adalah jaga mulut anda agar tetap tertutup.

13. ketika seseorang bertanya kepada Einstein, pertanyaan apa yang akan diajukan kepada Tuhan bila dia dapat mengajukan pertanyaan itu, dia menjawab,Bagaimana awal mula jagad raya ini? Karena segala sesuatu sesudahnya hanya masalah matematika.” Tapi setelah berpikir beberapa saat, dia mengubah pikirannya lalu bilang,”Bukan itu. Saya akan bertanya,”Kenapa dunia ini diciptakan?” Karena, dengan demikian saya akan mengetahui makna hidup saya sendiri.

14. The wireless telegraph is not difficult to understand. The ordinary telegraph is like a very long cat. You pull the tail in New York, and it meows in Los Angeles. The wireless is the same, only without the cat“. Telegraph tanpa kabel tidak sulit untuk dimengerti. Telegraph biasa seperti kucing yang sangat panjang. Anda tarik ekornya di New York, dan mengeong di Los Angeles. Yang tanpa kabel sama saja, hanya tanpa kucingnya.

15. God doesn’t play dice“. Tuhan tidak bermain dadu.

16. Weakness of attitude becomes weakness of character". Kelemahan dalam tingkah laku menjadi kelemahan karakter.

17. Reading, after a certain age, diverts the mind too much from its creative pursuits. Any man who reads too much and uses his own brain too little falls into lazy habits of thinking. Membaca, setelah beberapa waktu, menggelapkan pikiran terlalu jauh dari pencarian kreatif nya. Seseorang yang membaca terlalu banyak dan menggunakan otaknya terlalu sedikit akan menjadi kebiasaan malas untuk berpikir.

18. When asked how World War III would be fought, Einstein replied that he didn’t know. But he knew how World War IV would be fought: With sticks and stones!“. Ketika ditanya dengan apa perang dunia III akan dilakukan, Einstein menjawab bahwa ia tidak tahu. Tapi dia mengetahui dengan apa perang dunia IV akan dilakukan: Dengan pentungan dan batu!

19. Knowledge is something extraordinary in case someone does not have to spend his life on it". Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang luar biasa seandainya seseorang tidak harus menghabiskan hidupnya terhadap hal tersebut.

20. Reality is merely an illusion, albeit a very persistent one“. Kenyataan hanyalah sebuah ilusi, walaupun terjadi terus menerus.

21. If my theory of relativity is proven successful, Germany will claim me as a German and France will declare that I am a citizen of the world. Should my theory prove untrue, France will say that I am a German and Germany will declare that I am a JewJika teori relativitas terbukti sukses, Jerman akan mengklaim saya sebagai orang Jerman dan Perancis menyatakan bahwa saya seorang penduduk dunia. Seharusnya teori saya terbukti tidak benar, Perancis akan mengatakan saya orang Jerman dan Jerman akan mengatakan saya orang Yahudi.

22. Nationalism is an infantile sickness. It is the measles of the human race. Nasionalisme adalah penyakit yang kekanak-kanakan. Itu adalah penyakit campak dari ras manusia.

23. Sejak ahli matematika menginvasi teori relativitas. Saya tidak mengerti diri saya lagi.

24. Intellectuals solve problems; genuises prevent them". Kaum intelektual memecahkan masalah, para jenius mencegah mereka.

25. I am convinced that he ( God ) does not play dice". Aku meyakini bahwa Dia (Tuhan) tidak bermain dadu.

26. Gravitation cannot be held responsible for people falling in love“. Hukum gravitasi tidak berlaku terhadap orang yang sedang jatuh cinta.

27. Adalah mungkin untuk menjelaskan segala sesuatu secara ilmiah, tetapi itu membuatnya tanpa rasa; itu membuatnya tanpa arti, seperti jika anda menjelaskan Simfony Beethoven sebagai variasi dari tekanan udara.

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.