Photobucket

KURA_KURA BERKEPALA DUA

PhotobucketKura-kura berkepala dua ini menjadi pemandangan langka di kawasan Afrika Utara. Kura-kura African Spurred Tortoise yang masing-masing bernama Madga dan Lena (Magdalena) ini lahir di Slovenia. Kura-kura tersebut merupakan anggota spesies ketiga terbesar di dunia selain Galapagos Tortoise dan Aldabra Giant Turtle.

Kura-kura itu luar biasa, paling tidak karena memiliki dua kepala dan lima kaki. Reptil itu milik Roman Gresak dari Zilina, yang memikirkan nama yang sesuai,"Kami menyebutnya Magdalena: satu kepala adalah Magda dan kepala kedua adalah Lena," jelas Gresak.

Menurut para ahli hewan kasus unik Magdalena bisa dibandingkan dengan kembar Siam. Selama kehamilan embrio tidak terpisah dengan benar. Setiap kepala memiliki sistem saraf sendiri dan kura-kura itu memiliki dua otak, yang bekerja mandiri satu sama lain. Pertanyaan yang tertinggal adalah bagaimana sistem terhubung di dalam tubuh dan fungsi mana yang mereka bagi.

Kura-kura itu akan sulit bertahan hidup di alam liar karena kura-kura lain akan mengecualikannya dari kelompok mereka. Punya  dua kepala dan lima kaki kadang-kadang bisa juga menjadi beban. "Kepala kedua kadang-kadang tidak memungkinkan kura-kura mengetahui akan pergi kemana," kata Gresak.


Photobucket

Sejatinya hewan ini Bernama latin Geochelone sulcata, Kura-kura  ini memiliki habitat di ujung selatan gunung Sahara, Afrika Utara. Berat kura-kura dewasa biasanya 70 sampai 100 pon dengan ukuran 45 sentimeter. Jangka hidup African Spurred Tortoise sekitar 30 sampai 50 tahun, meskipun sering hidup lebih lama. Kura-kura jenis ini paling tua berusia 45 tahun, berada di penangkaran Giza Zoological Gardens, Mesir. 

(Referensi: Suaramedia)

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.