Sebagai suatu pendekatan yang melibatkan sikap ilmiah dalam kegiatannya, maka ada beberapa kemampuan dasar yang akan dikembangkan dan yang harus dimengerti dan dipahami dengan baik.
Menurut Darmojo dan Kaligis (1992:51) bahwa beberapa kemampuan dasar tersebut adalah keterampilan proses dalam
pengajaran di sekolah dasar. Keterampilan-keterampilan tersebut yaitu:
1. Keterampilan mengobservasi. Keterampilan
mengobservasi merupakan keterampilan menggunakan semua alat indera, seperti
indera penglihatan, peraba, parasa, pencium, dan pendengaran untuk memperoleh
semua informasi dan data dari objek yang diobservasi. Yang termasuk dalam
keterampilan mengobservasi, seperti keterampilan membedakan, mengukur dan
menghitung.
2. Keterampilan mengklarifikasi.
Keterampilan mengklarifikasi adalah suatu keterampilan menggolongkan suatu
objek pengamatan berdasarkan persamaan dan perbedaan karakteristik objek.
3. Keterampilan menginterpretasi. Adalah
suatu keterampilan untuk menafsirkan data-data dan informasi yang telah
diperoleh.
4. Keterampilan memprediksi. Yaitu
keterampilan untuk memperkirakan atau meramalkan suatu peristiwa atau kejadian
yang akan terjadi berdasarkan data-data atau informasi yang telah diperoleh
sebelumnya.
5. Keterampilan membuat hipotesis. Hipotesis
dapat diartikan sebagai praanggapan atau dugaan tentang kenyataan-kenyataan
yang belum dibuktikan yang dilakukan melalui proses pemikiran. Jadi,
keterampilan membuat hipotesis adalah keterampilan membuat dugaan tentang suatu
kejadian yang akan terjadi melalui proses pemikiran.
6. Keterampilan mengendalikan variabel.
Keterampilan mengendalikan variabel adalah kemampuan untuk mengisolasi variabel
yang tidak diteliti sehingga terjadi perbedaan pada hasil eksperimen dari
variabel yang diteliti.
7. Keterampilan merencanakan dan melakukan
penelitian. Suatu keterampilan dalam merumuskan masalah, membuat hipotesis, dan
menguji hipotesis.
8. Keterampilan menyimpulkan. Suatu
keterampilan dalam menarik suatu kesimpulan akhir dari seluruh proses yang
telah dilakukan.
9. Keterampilan menerapkan atau aplikasi.
Suatu keterampilan yang berupa kemampuan untuk mempergunakan konsep-konsep yang
bersifat abstrak atau pengetahuan yang diperoleh pada situasi lain atau situasi
baru.
10. Keterampilan
mengkomunikasikan. Yaitu suatu keterampilan untuk menyampaikan konsep-konsep
atau yang telah diperoleh kepada pihak lain baik secara lisan maupun tulisan.zhalabe.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar
SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.
Terima kasih !!!