KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN


Photobucket Sebagai suatu pendekatan yang melibatkan sikap ilmiah dalam kegiatannya, maka ada beberapa kemampuan dasar yang akan dikembangkan dan yang harus dimengerti dan dipahami dengan baik.  

Menurut Darmojo dan Kaligis (1992:51) bahwa beberapa kemampuan dasar tersebut adalah keterampilan proses dalam pengajaran di sekolah dasar. Keterampilan-keterampilan tersebut yaitu: 

1. Keterampilan mengobservasi. Keterampilan mengobservasi merupakan keterampilan menggunakan semua alat indera, seperti indera penglihatan, peraba, parasa, pencium, dan pendengaran untuk memperoleh semua informasi dan data dari objek yang diobservasi. Yang termasuk dalam keterampilan mengobservasi, seperti keterampilan membedakan, mengukur dan menghitung. 

2. Keterampilan mengklarifikasi. Keterampilan mengklarifikasi adalah suatu keterampilan menggolongkan suatu objek pengamatan berdasarkan persamaan dan perbedaan karakteristik objek. 

3. Keterampilan menginterpretasi. Adalah suatu keterampilan untuk menafsirkan data-data dan informasi yang telah diperoleh. 

4. Keterampilan memprediksi. Yaitu keterampilan untuk memperkirakan atau meramalkan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi berdasarkan data-data atau informasi yang telah diperoleh sebelumnya. 

5. Keterampilan membuat hipotesis. Hipotesis dapat diartikan sebagai praanggapan atau dugaan tentang kenyataan-kenyataan yang belum dibuktikan yang dilakukan melalui proses pemikiran. Jadi, keterampilan membuat hipotesis adalah keterampilan membuat dugaan tentang suatu kejadian yang akan terjadi melalui proses pemikiran. 

6. Keterampilan mengendalikan variabel. Keterampilan mengendalikan variabel adalah kemampuan untuk mengisolasi variabel yang tidak diteliti sehingga terjadi perbedaan pada hasil eksperimen dari variabel yang diteliti. 

7. Keterampilan merencanakan dan melakukan penelitian. Suatu keterampilan dalam merumuskan masalah, membuat hipotesis, dan menguji hipotesis. 

8. Keterampilan menyimpulkan. Suatu keterampilan dalam menarik suatu kesimpulan akhir dari seluruh proses yang telah dilakukan. 

9. Keterampilan menerapkan atau aplikasi. Suatu keterampilan yang berupa kemampuan untuk mempergunakan konsep-konsep yang bersifat abstrak atau pengetahuan yang diperoleh pada situasi lain atau situasi baru. 

10. Keterampilan mengkomunikasikan. Yaitu suatu keterampilan untuk menyampaikan konsep-konsep atau yang telah diperoleh kepada pihak lain baik secara lisan maupun tulisan.zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.