Photobucket

PENGERTIAN DAN ASPEK KOMPETENSI

Photobucket Mc. Ashan mengemukakan bahwa kompetensi itu merupakan suatu pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan atau kapabilitas yang dimiliki oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga mewarnai perilaku kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Dengan demikian, kompetensi harus didukung oleh pengetahuan, sikap, dan apresiasi. Artinya tanpa pengetahuan dan sikap tidak mungkin muncul suatu kompetensi tertentu.

Sejalan dengan pendapat diatas, Gordon menjelaskan 6 aspek yang terkandung dalam kompetensi. Aspek tersebut yaitu:

Merupakan pengetahuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Misalnya, akan dapat melakukan proses proses berfikir ilmiah untuk memecahkan suatu persoalan manakala dia memiliki pengetahuan yang memadai tentang langkah-langkah berfikir ilmiah.

Yaitu kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu. Misalnya, siswa hanya mungkin dapat memecahkan masalah ekonomi manakala dia memahami konsep-konsep ekonomi.

Merupakan sesuatu yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas yang dibebankan. Misalnya, siswa hanya mungkin dapat melakukan pengamatan tentang mikroorganisme manakala dia  memiliki keterampilan bagaimana cara menggunakan mikroskop sebagai alat.

Yaitu suatu standar perilaku yang telah diyakini dan secara psikologis telah menjadi bagian dari dirinya, sehingga akan mewarnai dalam segala tindakannya. Misalnya, standar perilaku siswa dalam melaksanakan proses berfikir seperti keterbukaan, kejujuran, demokratis, kasih sayang, dan lain sebagainya.

Yaitu perasaan atau reaksi terhadap suatu rangsangan yang datang dari luar. Misalnya perasaan senang atau tidak senang terhadap munculnya peraturan baru, perasaan senang atau tidak senang terhadap pelajaran yang diberikan dan lain sebagainya.

Yaitu kecenderungan seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan. Misalnya, minat untuk mempelajari dan memperdalam materi pelajaran.zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.