PRINSIP DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN


Photobucket Agar administrator dapat sukses dalam melaksanakan tugasnya, sebaiknya memperhatikan prinsip-prinsip administrasi pendidikan. Prinsip dasar dalam administrasi pendidikan yaitu:

Administrator akan berhasil dalam tugasnya bila menggunakan semua sumber, tenaga, dana, dan fasilitas yang ada secara efisien.

Administrator akan memperoleh hasil yang paling efektif dan efisien dengan cara melakukan pekerjaan manejemen, yaitu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan melakukan pemeriksaan (mengontrol)

Jika diharuskan memilih, seorang administrator cenderung memprioritaskan pekerjaan operatif dibandingkan dengan pekerjaan manajement. Namun, sebaiknya tidak memfokuskan perhatiannya pada pekerjaan operatif saja. Karena bila hanya berkecimpung dalam tugas-tugas operatif saja, maka pekerjaan pokoknya akan terbengkalai.

Seorang administrator akan berhasil dalam tugasnya apabila ia memiliki gaya kepemimpinan yang efektif, yakni memperhatikan hubungan antara manusia, pelaksana tugas serta memperhatikan situasi dan kondisi yang ada. Adapun tentang gaya kepemimpinan yang efektif adalah mampu memelihara hubungan baik dengan bawahannya. Disamping itu, juga harus memperhatikan pembagian dan penyelesaian tugas bagi setiap anggota organisasi yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Administrator dikatakan berhasil dalam melakukan tugasnya bila mampu mengembangkan kerjasama antara seluruh anggota. zhalabe.blogspot.com

2 komentar:

achmad alqassam mengatakan...

IZIN COPAS ARTIKELNYA YA SOB...

ZHALABE mengatakan...

SiLahkn. . .jng Lupa cantumkn Link sbg Sumberx Sob..

Poskan Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.