Photobucket

MOTIVASI BELAJAR

Begitu banyak ahLi psikoLogi yang berusaha untuk mengungkapkan apa sebenarnya Motivasi itu. Wood-wort (1995-337) mengatakan: " A motive is a set predisposes individuaL of certain activities and for seeking certain goals". Motif merupakan suatu set yang dapat membuat individu meLakukan kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, periLaku atau tindakan seseorang daLam upaya mencapai tujuan tertentu sangat tergantung dari motif yang dimiLikinya. Kuat dan Lemahnya semangat seseorang daLam mencapai suatu tujuan ditentukan oLeh kuat dan Lemahnya motif seseorang.

Photobucket

Motif dan Motivasi merupakan dua haL yang saLing berhubungan dan tidak dapat dipisahkan satu sama Lainnya. Motivasi merupakan penjeLmaan dari motif yang dapat diLihat dari periLaku yang ditunjukkan seseorang. HiLgard mengemukakan bahwa motivasi adaLah keadaan yang terdapat daLam diri seseorang yang menyebabkan seseorang meLakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Fededirc J. Mc DonaL (1959: 77) mengemukakan "Motivation is an energi change whitin the person characterize by effective arousal and anticipatory goaL reaction". Jadi, Motivasi adaLah suatu perubahan energi daLam diri seseorang yang ditandai oleh muncuLnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, maka muncuLnya motivasi ditandai dengan adanya perubahan energi daLam diri seseorang yang mungkin disadari ataupun tidak.

Proses pembeLajaran akan berhasiL jika siswa memiLiki motivasi daLam beLajar. DisiniLah peran seorang guru untuk menumbuhkan motivasi beLajar siswa. Menurut Oemar HamaLik (1995) ada tiga fungsi motivasi. Motivasi-motivasi tersebut antara Lain:
  • Mendorong Tingkah Laku atau perbuatan.
  • Motivasi berfungsi sebagai pengarah.
  • Motivasi berfungsi sebagai penggerak.
Dengan ketiga fungsi motivasi diatas maka sudah jeLas bahwa motivasi sangat berpengaruh besar terhadap keberhasiLan siswa dalam proses pembeLajaran. DisiniLah guru dituntut untuk Lebih memotivasi siswanya daLam proses pembeLajaran yang diLaksanakannya.

(Referensi: Buku PTK, Wina sanjaya)

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.