Photobucket

PPKN (Pkn) Di SD


Tujuan pembelajaran PPKN di SD menurut para ahli adalah untuk menjadikan para siswa:
1.      Mampu berpikir secara kritis, rasional dan kretif dalam menanggapi persoalan hidup maupun  isu-isu kewarganegaraan.
2.      Mau berpartisipasi dalam segala bidang kegiatan secara aktif dan bertanggung jawab. Sehingga dapat bertindak secara cerdas dalam segala kegiatan.
3.      Dapat berkembang secara positif dan demokratis sehingga mampu hdup bersama dan berinteraksi  dengan warga negara lainnya.

Ruang Lingkup Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan:
1.      Persatuan dan kesatuan bangsa meliputi hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, sumpah pemuda, keutuhan NKRI, partisipasi dalam pembelaan negara dan sikap positif, keterbukaan dan jaminan keadilan.
2.      Norma hukum dan pelaporan meliputi tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib disekolah,norma yang berlaku didalam masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma dan kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum dan peradilan nasional serta internasional.
3.      Hak asasi manusia meliputi hak dan kewajiban anak, hak dan kewajiban anggota masyarakat, penghormatan dan perlindungan HAM.

Tujuan penilaian PPKN di SD, yaitu:
1.  Mengetahui kedudukan siswa dalam kelompok dikelasnya. Artinya hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah siswa tersebut termasuk dalam kategori rendah, sedang atau tinggi.
2.    Sebagai balikan bagi guru untuk menentukan metode dan program yang digunakan.
3.  Mendiaknosa kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, dalam hal ini guru harus mampu menganalisis kendala apasaja yang dialami siswa sehingga tidak dapat berhasil.
4.     Untuk mendapatkan informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dan menentukan langkah berikutnya terhadap siswa, informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan siswa.

Fungsi penilaian PPKN di SD, yaitu:
1.      Sebagai bahan diaknosis dan pengembangan.
2.      Sebagai bahan seleksi untuk menentukan atau penilaian.
3.      Sebagai dasar untuk menentukan apakah siswa yang bersangkutan dapat naik kelas atau tidak.
4.      Sebagai bahan pertimbangan untuk penempatan siswa berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Prinsip-prinsip penilaian PPKN di SD, yaitu:
1.      Mempunyai prinsip objektif, artinya dalam melakukan suatu penilaian guru sebaiknya bertindak adil dan tidak memandang bulu.
2.      Penilaian hendaknya memiliki prinsip kejelasan, artinya dalam melakukan penilaian hendaknya seorang guru memahami semuanya dengan jelas.
3.      Penilaian hendaknya dikerjakan dengan seksama, artinya semua komponen untuk menilai siswa sudah disiapkann oleh guru secara seksama dan cermat.
4.      Penilaian hendaknya representatif, artinya dalam menilai hendaknya seorang guru  mampu melakukan secara menyeluruh semua materi yang telah disampaikan dalam kegiatan pembelajaran.

Penilaian di SD tentang pengembangan anak, yaitu:
1.      Skala sikap.
Alat penilaian yang digunakan untuk mengungkapkan sikap siswa atau pendirian seseorang terhadap suatu peristiwa atau objek yang mengukur pendirian seseorang seperti: sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju.
2.      Chek liss.
Alat penilaian yang dilakukan oleh guru atas dasar pengamatan terhadap perilaku siswa. Namun demikian keaslian perilaku siswa perlu dijaga untuk tidak memberitahukan terlebih dahulu kepada siswa.
3.      Catatan harian.
Suatu catatan mengenai perilaku siswa yang dianggap mempunyai kaitan dengan pengembangan kepribadiannya.
4.      Questioner
Alat penilaian yang alat penyajiannya melakukan secara angket yang diarahkan untuk menyaring informasi mengenai berbagai faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajarnya.
5.      Portofolio.
Penilaian berdasarkan koleksi atau kumpulan bahan pilihan yang dikembangkan oleh siswa atau guru yang berfungsi untuk menelaah proses usaha perbaikan dan pencapaian kinerja siswa secara objektif.

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.