MENINGGAL HANYA KARENA OBAT JERAWAT

PhotobucketBerhati-hatilah jika ingin mengkonsumsi obat hanya untuk menghilangkan jerawat. Nasip tragis dialami oleh seorang gadis berumur 17 tahun asal Maidstone Inggris, yang terenggut nyawanya hanya karena menggunakan obat jerawat yang ternyata obat tersebut dapat memicu pembekuan darah. Siswi yang dinyatakan aktif dalam tim pemandu sorak sekolahnya ini sempat bercanda dan tertawa beberapa menit dengan teman-temannya sebelum akhirnya dia jatuh dan tidak sadarkan diri. Setelah mendapatkan perawatan selama 2 jam oleh dokter dirumah sakit, dia pun dinyatakan meninggal akibat emboli paru-paru dari DVT.

Charlotte Porter meninggal akibat deep vein thrombosis (DVT) setelah kaki kirinya mulai membengkak dan berubah menjadi ungu. Keluarga menduga hal ini berkaitan dengan obat jerawat yang dikonsumsinya, karena itu keluarga mendesak orang-orang untuk lebih menyadari risiko dari obat tersebut. 

Selama ini Charlotte Porter diresepkan obat jerawat bernama Dianette untuk mengatasi jerawatnya, obat ini juga bertindak sebagai pil kontrasepsi. Seperti halnya pil gabungan lain, pil ini meningkatkan risiko pembekuan darah yang mungkin menjadi faktor penyebab kematiannya. Charlotte sempat mengeluh pada ibunya 'Beverly' tentang rasa sakit dan bengkak yang dialaminya dari pinggul hingga ke mata kaki. Meskipun tidak menunjukkan adanya gejala dari DVT pada saat itu, tapi ada kemungkinan sebuah gumpalan akibat pembekuan darah sebenarnya sudah ada di dalam tubuhnya.

Pembekuan darah akibat DVT bisa terjadi ketika sirkulasi melambat selama seseorang tidak aktif dalam jangka waktu panjang. Kondisi ini memerlukan penanganan yang khusus dan segera, karena bisa menjadi fatal jika bekuan darah ini terlepas dan ikut dalam aliran darah sehingga menyumbat pembuluh halus di paru-paru.

Selain itu untuk jangka panjang DVT ini juga bisa membawa masalah akibat kerusakan pembuluh darah vena misalnya mengalami nyeri dan bengkak pada daerah tungkai yang biasanya disertai dengan perubahan warna kulit.

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.