EVALUASI DALAM MICRO TEACHING

PhotobucketPrinsip yang digunakan dalam evaluasi kegiatan Micro Teaching didasarkan atas prinsip pengajaran yang berorientasi pada tujuan atau hasil, dimana penilaian didasarkan atas hasil yang dapat dicapai oleh mahasiswa dalam melakukan kegiatan Micro Teaching. Dalam kegiatan ini yang dinilai adalah dosen pembimbing/ supervisor, guru pamong dan calon guru.

Kemampuan menampilkan keterampilan mengajar merupakan penilaian dalam kegiatan Micro Teaching. Misalnya, menilai penampilan keterampilan dalam mengantarkan pembelajaran. Keterampilan yang dimaksudkan adalah:

Yaitu menciptakan suasana tenang, aman, dan menunjukkan perhatian kepada guru.

 Dimana mengajak pendengar untuk mendengarkan dan memahami pembelajaran yang disajikan.

Yaitu mengulang kembali bahan yang diperlukan sebagai batu loncatan terhadap bahan pembelajaran yang baru.

Selanjutnya, guru mengevaluasi praktek teaching. Sebagai hasil penilaian dari pelaksanaan Micro Teaching, yang digunakan sebagai data adalah Feed Back atau umpan balik. Data yang didapatkan kemudian di diskusikan bersama, dimana hasilnya untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan penampilan sebelumnya. Dari data dan hasil diskusi tersebut akan diketahui apakah tujuan dari penampilan keterampilan sudah tercapai dengan baik atau belum.

Adapun manfaat Feed Back dalam pelaksanaan evaluasi Micro Teaching adalah sebagai berikut:

a. Memupuk kerja sama.
b. Mengembangkan sifat rasa percaya diri.
c. Mempunyai sikap terbuka bagi orang lain.
d. Dapat dijadikan bahan penelitian atau riset praktek pendidikan.
e. Kesempatan mengenali diri sendiri (kelemahan) dan mendorong untuk memperbaiki.
f. Merupakan arena yang memberikan kesempatan untuk mengeluarkan pendapat atau kritikan yang membangun.

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.