Photobucket

VARIASI GAYA MENGAJAR GURU

PhotobucketUntuk menghindari kejenuhan atau bosannya siswa pada saat proses pembelajaran, seorang guru harus memiliki keterampilan variasi stimulus. Variasi stimulus merupakan keterampilan guru untuk menjaga agar proses pembelajaran tetap menarik perhatian dan tidak membosankan sehingga siswa menunjukkan sikap antusias dan ketekunan, penuh gairah dan berpartisipasi aktif.

Berikut ini variasi yang harusnya dilakukan seorang guru dalam kegiatan belajar-mengajarnya:

Variasi suara yang dimaksudkan disini adalah perubahan suara keras menjadi lembut, tinggi menjadi rendah, dari cepat menjadi lambat, atau memberikan penekanan pada kata-kata tertentu.http://zhalabe.blogspot.com/2011/12/variasi-gaya-mengajar-guru.html

Perhatian siswa pada hal-hal yang dianggap penting untuk disimak yang dilakukan oleh guru. Contohnya "Perhatikan ini baik-baik", "Nah, ini penting sekali" atau "Perhatikan dengan baik, ini agak sukar dimengerti".

Adanya kebisuan, kesenyapan, atau selingan diam yang dilakukan secara tiba-tiba dan sengaja selagi guru menerangkan materi pembelajaran merupakan variasi yang baik untuk menarik perhatian siswa. Perubahan stimulasi dari adanya suara kepada keadaan tenang atau dari adanya kesibukan lalu dihentikan akan dapat menarik perhatian karena siswa ingin tahu apa yang terjadi.

Bila guru sedang berbicara atau melakukan interaksi dengan siswa, sebaiknya pandangan menjelajahi seluruh ruang kelas dan melihat ke arah  mata siswa untuk menunjukkan adanya hubungan yang intim dengan mereka. Kontak pandang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi serta dapat mengetahui perhatian atau pemahaman siswa.

Variasi dalam ekspresi wajah guru, gerakan kepala, dan gerakan badan merupakan aspek yang penting dalam berkomunikasi dengan siswa. Hal ini berguna untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan dari pesan lisan yang diterangkan.

Pergantian posisi guru didalam kelas berguna untuk mempertahankan perhatian siswa dan untuk mengontrol tingkah laku siswa. Biasakanlah bergerak bebas, tidak kikuk atau kaku, dan hindari tingkah laku negatif.
http://zhalabe.blogspot.com/2011/12/variasi-gaya-mengajar-guru.html

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.