CEGUKAN DAN CARA MENGATASINYA

PhotobucketPernahkah Anda mengalami cegukan??
Memang menyebalkan dan menjengkelkan rasanya, apalagi jika anda mengalami cegukan ditengah-tengah pekerjaan yang penting seperti presentasi bisnis atau ketika acara makan malam bersama orang terdekat akhirnya kegiatan makan jadi terganggu.

Cegukan biasanya terjadi ketika kita memasukkan makanan atau minuman yang panas atau dingin secara tiba-tiba, sehingga saluran makanan dan perut kita tidak siap menerimanya. Akibatnya terjadilah kejutan yang menyebabkan sekat rongga dada mengalami kejang-kejang. Pada saat itu, celah suara pun menutup secara mendadak saat bernafas.

Ada dua organ dalam tubuh kita yang saling mempengaruhi saat kita cegukan, yaitu Sekat rongga dada dan Saluran pernapasan dekat pita suara.

Sekat rongga dada adalah jaringan otot yang membatasi rongga dada dengan rongga perut. Otot ini tepatnya berada di bawah paru-paru dan diatas lambung. Otot sekat rongga dada bergerak turun naik ketika kita bernapas. Saat kita menghirup udara, otot ini bergerak turun sehingga paru-paru kita dapat membesar dan udaranya pun masuk ke paru-paru.

Sebaliknya, ketika kita mengeluarkan udara, sekat rongga dada bergerak ke atas, sehingga paru-paru kita tertekan dan mengecil. Udara yang ada di dalamnya pun terdorong keluar. Sekali waktu otot sekat rongga dada mengejang. Ketika mengejang, sekat ini menekan paru-paru sehingga udara yang ada di sana pun didesak keluar.

Pada saat yang bersamaan, saluran pernapasan yang ada di leher kita menyempit. Udara yang keluar tiba-tiba itu pun harus melalui lorong yang sempit, maka keluarlah bunyi, “hiik…hiik…”. Proses itulah yang kita sebut dengan istilah cegukan.

Lalu, bagaimana kita mengatasi cegukan yang menyebalkan tersebut??
Berikut beberapa cara untuk mengatasi cegukan:

1. Tarik napas napas dalam-dalam dan tahanlah napas anda selama beberapa detik, lalu hembuskan perlahan-lahan, dan ulangi beberapa kali.

2. Anda juga bisa minum air putih hangat sambil menahan napas ketika menelannya. Ada juga yang menyebutkan minum air putih hangat sambil menahan napas dan membungkukkan badan akan menghilangkan cegukan.

3.Anda juga bisa mengarahkan kantung kertas di depan mulut Anda kemudian menarik napas dan mengeluarkan secra perlahan-lahan.zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.