BAHAN DAN SIFATNYA

PhotobucketDi sekitar kita, banyak kita temukan berbagai jenis benang dan tali. Kekuatan benang dan tali berbeda-beda berdasarkan bahan yang digunakan. Ada yang menggunakan bahan dari benang wol, benang katun, benang nilon, plastik, dan sebagainya.
            Untuk mengetahui lebih jauh kekuatan berbagai jenis benang dan tali tersebut mari kita pelajari struktur pembuat tali tersebut. 


a) Jenis bahan dan kegunaanya
            Berbagai jenis serat digunakan sebagai bahan penyusun benang. Benang dijadikan sebagai bahan tekstil. Ada pun jenis bahan tekstil adalah katun, wol, sutra, dan nilon. Mari kita pelajari satu per satu jenis bahan tersebut.
1.)    Katun
Serat alami dihasilkan dari hewan dan tumbuhan. Serat dari tumbuhan contohnya serat kapas. Serat dipintal untuk dijadikan benang. Benang ditenun menjadi sebuah kain atau bahan pakaian. Selanjutnya, bahan dijahit menjadi pakaian, saputangan, dan sebagainya.
2.)    Wol
Contoh serat dari hewan adalah wol. Serat wol dihasilkan dari bulu domba atau biri-biri. Bulu domba dicukur. Bulu domba dipintal dan dipili menjadi benang. Selanjutnya, benang ditenun menjadi kain. Dari kain wol dihasilkan berbagai benda seperti pakaian, karpet dan selimut.
3.)    Sutra
Serat alami lain dari hewan adalah sutra. Benang sutra berasal dari air liur ulat sutra. Air liur itu berbentuk kepompong. Kepompong ulat sutra dipintal menjadi benang. Benang ditenun menjadi kain sutra yang amat lembut.
4.)    Nilon
Senar gitar dan tali kail (pancing) adalah contoh benang (tali) nilon. Tali nilo termasuk serat tiruan (sintetis atau buatan). Serat ini terbuat dari bahan kimia yang terdapat dalam minyak bumi.
            Banyak orang memilih bahan berserat alami. Pakaian barbahan serat katun dan sutra mudah menyerap keringat. Jika dipakai terasa nyaman dan dingin. Serat tiruan seperti nilon lebih banyak digunakan untuk tali, karena sifatnya yang kuat dan tidak mudah kusut. 


b) Jenis bahan mempengaruhi kekuatan
            Benang dan tali memiliki kakuatan berbeda-beda. Perbedaan kekuatan benang dan tali dipengaruhi oleh jenis bahan penyusunnya.
            Pernahkah kamu melihat pemanjat tebing sedang beraksi? Pemanjat tebing menngunakan tali. Tali itu cukup kecil, tetapi sangat kuat. Tali dapa menahan berat tubuh pemanjat tanpa putus. Tali itu juga tahan terhadap gesekan dengan batu tebing.
            Pernahkah juga kalian melihat pakaian petugas pemadam kebakaran? Pakaiannya terbuat dari serat asbes. Hal ini yang menyebabkan pakaian tersebut tidak mudah terbakar. Apa yang terjadi jika pakaiannya terbuat dari bahan katun? 


c) Penggunaan bahan
            Kita menjahit menggunakan benang dan mengikat benda menggunakan tali benang dan tali memiliki banyak kegunaan.
            Berbagai jenis benang dan tali dapat kita jumpai di sekitar kita. Fungsi benang dan tali tergantung dari bahan pembentuk benang tersebut. Setiap jenis benang dan tali mempunyai kegunaan tertentu tergantung kegunaannya.
            Kita sering mendengar ada benang jahit, benang wol, tali raffia, tali nilon, tambang, dan sebagainya. Berikut kita pelajari berbagai kegunaan benang dan tali.
1.)    Benang jahit.
benang jahit umumnya terbuat dari kapas. Kekuatan benang jahit dari kapas hanya cukup untuk menjahit kain yang tipis, bukan untuk menjahit bahan yang tebal.
2.)    Benang wol.
Bentuk benang wol lebih tebal dan lebih besar daripada benang jahit. Benang wol terasa lebih berbulu. Benang wol tidak dapat digunakan untuk menjahit. Menjahit dengan benang wol terlihat tidak rapid an tidak rapat. Benang wol kurang kuat. Itulah sebabnya, benang wol hanya untuk dirajut menjadi baju hangat (sweater), selimut, karpet, dan lain sebagainya.
3.)    Benang (tali) nilon.
Nilon semula dirancang untuk mengganti benang sutra. Nilon ternyata memiliki serat yang lebih kuat dibanding kapas dan wol. Nilon dapat dicampur dengan serat alami lain untuk menghasilkan bahan tekstil.
Ada beberapa jenis nilon juga tahan panas dan tahan terhadap bahan kimia. Dawai gitar mengunakan tali nilon. Tali nilon juga digunakan untuk keperluan lai, seperti untuk memancing ikan.
4.)    Tali yang sering digunakan adalah tali raffia. Tali rafia digunakan untuk mengikat berbagai benda, misalnya kardus. zhalabe.blogspot.com

4 komentar:

Pakar Konveksi mengatakan...

Memahami bahan, sangatlah penting bagi para pengusaha di bidang busana, baik offline ataupun online

Busana Muslim Bandung mengatakan...

Bahan katun, lebih cenderung diduga sebagai bahan dengan kualitas terbaik... tapi itu sifatnya personal...yang penting, kita terlebih dahulu harus dapat membedakan bahan, lalu mengenali bahan favorit kita...

bahan kain mengatakan...

ada yg kelupaan itu serat bambu :)

Nanda Hakeema mengatakan...

SANGAT MEMBANTU syekalliiii

Poskan Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.