MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN



Manajemen merupakan pengendalian dan pemanfaatan dari pada semua faktor dan sumber daya dimana suatu perencanaan (planning) diperlukan untuk mencapai dan menyelesaikan suatu tujuan kerja tertentu.

Photobucket Ada beberapa prinsip yang nampaknya menjadi benang merah tentang arti dari manajemen, yakni:
1. Manajemen merupakan suatu kegiatan.
2. Menggunakan atau memanfaatkan pihak-pihak lain.
3. Kegiatan manajemen diarahkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


Manajemen pendidikan ialah proses perencanaan pengorganisasian, memimpin, mengendalikan, tenaga pendidik, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya, yakni manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang lengkap, mandiri serta bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Manajemen pendidikan ialah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta dalam mencapainya.

Dengan memperhatikan pendapat para ahli diatas, nampak bahwa manajemen/administrasi pendidikan pada prinsipnya merupakan suatu bentuk penerapan manajemen atau administrasi dalam mengelola, mengatur, dan mengalokasikan sumber daya yang terdapat dalam dunia pendidikan. Fungsi administrasi pendidikan merupakan alat untuk mengintegrasikan peran seluruh sumber daya guna tercapainya tujuan pendidikan dalam suatu konteks sosial tertentu. Hal ini berarti bahwa bidang-bidang yang dikelola mempunyai kekhususan yang berbeda dari manajement dalam bidang lain. zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.