Photobucket

PERAN GURU MENURUT PARA AHLI


PhotobucketGuru sangat menentukan maju tidaknya suatu bangsa. Ciri bangsa yang maju adalah adanya campur tangan dari seorang guru. Guru yang memiliki kualitas dasar ilmu yang kuat akan menjadi tumpuan dalam mempercepat kelahiran generasi-generasi yang mandiri dan berakhlak. Hal ini sejalan dengan tuntutan zaman yang terus berubah oleh sebab itu, guru juga dituntut untuk mampu mengikuti dan menyikapi perubahan zaman yang ada.

Ada beberapa peran guru yang dikemukakan oleh para ahli seperti dibawah ini:
1. Havighurst menjelaskan bahwa peran guru disekolah sebagai pegawai (employee) dalam hubungan kedinasan sebagai bawahan (subordinate) terhadap atasannya, sebagai kolega dalam hubungannya dengan teman sejawat, sebagai mediator dalam hubungannya dengan anak didik, sebagai pengatur disiplin, evaluator, dan pengganti orang tua.

2. Prey Katz menggambarkan peran guru sebagai komunikator, sahabat yang dapat memberikan nasehat-nasehat, motivator sebagai pemberi dorongan dan inspirasi, pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku serta nilai-nilai moral, dan menguasai bahan yang akan diajarkan.

3. Federasi dan Organisasi Profesional Guru Sedunia, mengungkapkan bahwa peran guru disekolah tidak hanya sebagai transmiter dari ide tetapi juga berperan sebagai transformer dan katalisator dari nilai dan sikap.

4. James W. Brown, mengemukakan bahwa tugas dan peran guru antara lain tugas dan peranan guru antara lain menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran, merencana dan mempersiapkan pelajaran sehari-hari, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan siswa.

Peran guru dan sekolah bagi anak didik bersifat unik, dikatakan unik karena mereka tidak bisa menggenerelasisakan kebutuhan anak didik dalam cara, bentuk dan ukuran yang sama. Idealnya sebuah sekolah, Menurut Stoll mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada anak didiknya. Ia juga diharapkan dapat menjamin bahwa setiap peserta didik mampu mencapai standar optimal yang mereka bisa raih.

3 komentar:

Anisa Maulina mengatakan...

makasih artikelnya, sangat membantu :)

http://blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2012/11/24/jurusan-teknik-informatika/

ZHALABE mengatakan...

Masama..

Makasih atas kunjungn & komentarx..

lpsp mengatakan...

bermanfaat sekali gan informasinya .. sukses selalu

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.