PENGERTIAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Photobucket Untuk lebih memahami tentang administrasi dapat dilihat pada postingan sebelumnya yaitu "Pengertian Administrasi". Selanjutnya pengertian Administrasi Pendidikan ditinjau dari berbagai aspek dapat dilihat sebagai berikut:

1. Administrasi Pendidikan mempunyai pengertian kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan.
Tujuan pendidikan itu merentang dari tujuan yang sederhana hingga tujuan yang kompleks, tergantung lingkup dan tingkat pengertian pendidikan yang dimaksud. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang kompleks maka harus ada kerja sama dengan orang lain, dengan segala aspek-aspek kerumitannya.

2. Administrasi Pendidikan mengandung pengertian proses untuk mencapai tujuan pendidikan.
Proses-proses tersebut dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemanduan dan penilaian.

Sistem merupakan keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian dan bagian tersebut berinteraksi dalam satu proses untuk mengubah masukan menjadi keluaran.

Jadi perhatian akan tertuju kepada usaha untuk melihat apakah pemanfaatan sumber-sumber yang ada dalam mencapai tujuan pendidikan sudah mencapai sasaran yang ditetapkan dan apakah dalam pencapaian tujuan itu tidak menjadikannya sebagai pemborosan.

Jika administrasi ini dipandang dalam segi kepemimpinan maka yang diutamakan adalah apakah dan bagaimana cara kepemimpinan itu agar dapat mencapai tujuan pendidikan.

Komunikasi jika diartikan secara sederhana yaitu usaha untuk membuat orang lain mengerti apa yang kita dimaksudkan dan kita pun akan mengerti maksud dari orang lain itu.

Dalam hal ini, administrator diharapkan untuk mampu memecahkan masalah yang dihadapinya dengan pengambilan keputusan yang tepat.

Dalam hal ini yang diperhatikan yaitu mencatat, merekomendasikan kegiatan, menyelenggarakan surat-menyurat dengan segala aspeknya serta mempersiapkan laporan yang ada.

Pada hakekatnya Administrasi Pendidikan merupakan penerapan ilmu administrasi dalam dunia pendidikan atau dengan bahasa lain pengaplikasiannya dalam pembinaan, pengembangan dan pengendalian usaha dalam praktek-praktek pendidikan. zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.