PENGERTIAN ADMINISTRASI

Photobucket Pengertian Administrasi secara etimologi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata "ad" artinya intensif dan "ministrare" artinya melayani, membantu, mengarahkan. Jadi dapat dikatakan administrasi secara etimologi merupakan melayani secara intensif.

DR. Hadari Nawawis menjelaskan bahwa dari kata "administrare" terbentuk kata benda "administrario" dan kata "administrauus" yang kemudian masuk kedalam bahasa inggris yakni "administration". Selain itu dikenal juga kata "administratie" yang berasal dari bahasa belanda, namun memiliki arti yang lebih sempit, sebab terbatas pada aktivitas ketatausahaan yaitu kegiatan penyusunan dan pencatatan keterangan yang diperoleh secara sistematis.

Administrasi sering pula dikaitkan dengan aktivitas administrasi perkantoran yang hanya merupakan salah satu bidang dari aktivitas administrasi yang sebenarnya.

Ditinjau dari katanya, administrasi mempunyai arti sempit dan arti luas, yaitu:
1. Dalam arti sempit diartikan sebagai kegiatan pencatatan data, surat-surat informasi secara tertulis serta penyimpanan dokumen sehingga dapat dipergunakan kembali jika diperlukan.

2. Dalam arti luas, administrasi menyangkut kegiatan manajemen atau pengelolaan terhadap keseluruhan komponen organisasi untuk mewujudkan tujuan dan program organisasi.


Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pekerjaan administrasi merupakan pekerjaan operatif dan manajement. zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.