Photobucket

TAHAPAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Photobucket Proses sebagai fungsi administrasi pendidikan, agar kegiatan dalam komponen administrasi pendidikan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan, kegiatan tersebut harus dikelola melalui suatu tahapan proses. Berikut akan diuraikan Tahapan Administrasi Pendidikan:


1. Perencanaan.
Perencanaan adalah pemilihan dari sejumlah alternatif tentang penetapan prosedur pencapaian serta perkiraan sumber yang dapat disediakan untuk mencapai tujuan. Yang dimaksudkan tentang sumber disini yaitu sumber material, manusia, dan waktu.


2. Pengorganisasian.
Pengorganisasian di sekolah dapat didefenisikan sebagai keseluruhan proses untuk memilih dan memilah guru-guru dan personal sekolah lainnya serta mengalokasikan prasarana dan saran untuk menunjang tugas-tugas dalam rangka mencapai tujuan sekolah. Adapun yang termasuk dalam kegiatan perngorganisasian ini yaitu penetapan tugas, tanggung jawab, dan wewenang serta mekanisme kerja dari guru-guru dan personal sekolah lainnya sehingga dapat memcapai tujuan dari sekolah itu sendiri.


3. Pengarahan.
Pengarahan diartikan sebagai suatu usaha untuk menjaga agar apa yang telah direncanakan dapat berjalan seperti yang dikehendaki. Pengarahan menurut Suharsimi Arikunto yaitu penjelasan, petunjuk, serta pertimbangan dan bimbingan terhadap pra petugas yang terlibat, baik secara struktural maupun fungsional agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar.


4. Pengkoordinasian.
Pengkoordinasian disekolah diartikan sebagai usaha untuk menyatukapadukan kegiatan dari berbagai individu atau unit disekolah agar kegiatan berjalan selaras dengan anggota atau unit lainnya dalam usaha mencapai tujuan sekolah.


5. Pembiayaan.
Pembiayaan sekolah merupakan kegiatan mendapatkan biaya serta mengelola anggaran pendapatan dan belanja pendidikan menengah. Kegiatan ini dimulai dari perencanaan biaya, usaha untuk mendapatkan dana yang mendukung rencana itu, penggunaannya dan pengawasan penggunaan anggaran tersebut.


6. Penilaian.
Penilaian yang dimaksudkan yaitu mengukur tingkat keberhasilan suatu periode kerja, menjamin cara kerja yang efektif dan efisien, serta memajukan  kesanggupan guru-guru dan dan orang tua murid dalam mengembangkan organisasi sekolah. zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.