SIKAP DAN SIFAT SEORANG GURU


Jika kau memberi tahu mereka
Mereka hanya akan melihat gerakan bibirmu
Jika kau menunjukkan kepada mereka
Mereka akan tergoda untuk melakukannya sendiri

Photobucket Sikap didefenisiskan sebagai kecenderungan untuk berbuat yang digunakan untuk mengantisipasi sesuatu. Bagaimana sikap kita terhadap anak didik yang malas, bagaimana sikap kita pada anak didik yang nakal, dan bagaimana sikap kita dalam menghadapi setiap persoalan yang ada sehingga didalam sikap tersebut terkandung nilai-nilai yang mencakup niat, keyakinan, pengetahuan, serta pandangan hidup. Sikap guru terhadap pekerjaan merupakan keyakinan seorang guru mengenai pekerjaan yang diembannya, yang disertai adanya perasaan tertentu dan memberikan dasar kepada seorang guru tersebut untuk membuat respons atau perilaku dalam cara tertentu sesuai pilihannya.

Sikap guru terhadap pekerjaannya dapat dilihat dalam bentuk persepsi dan kepuasannya terhadap pekerjaan maupun dalam bentuk motivasi kerja yang ditampilkan. Guru yang memiliki sikap positif terhadap pekerjaannya, sudah barang tentu akan berbuat dan bekerja semaksimal mungkin dalam melahirkan generasi-generasi yang tangguh.

Berikut ini Sikap dan sifat-sifat seorang guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya, yaitu:


Sikap guru dalam memperlakukan anak didiknya haruslah dengan cara yang sama, tanpa membeda-bedakan. Hal ini penting bagi guru agar nantinya dalam menilai, memberikan hadiah atau hukuman kepada anak didiknya tetap berlaku adil. Dan hendaknya dilengkapi dengan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai moral dan nilai sosial budaya yang diperoleh dari kehidupan masyarakat dan pengalaman belajar yang diperoleh. Dengan keadilan, kejujuran yang dimiliki seorang guru diharapkan dapat menjadi contoh bagi anak didiknya, anak didik diharapkan tumbuh dan berkembang menjadi manusia-manusia yang jujur sehingga guru dapat menjadi cerminan perilaku anak didiknya. 

2. Sabar dan Rela Berkorban.

Sebuah kesabaran merupakan syarat utama untuk menyelesaikan setiap amanah yang diberikan. Bagi seorang guru, sifat sabar dan kerelaan berkorban haruslah senantiasa dipupuk setiap saat dan setiap waktu agar mendapatkan hasil yang menggembirakan dalam melahirkan generasi mandiri dan berakhlak terpuji. Dalam mendidik yang perlu diperhatikan juga adalah sikap cinta, sabar, dan bijaksana. 

3. Komitmen atau Keteguhan Hati.

Seseorang guru yang berpusat pada nilai-nilai spritual, senantiasa semangat untuk berkomitmen pada apa yang telah diucapkannya. Perilaku memiliki daya pengaruh yang luar biasa disebabkan keberaniannya untuk selalu siap berkorban demi cita-cita yang diyakininya. Seseorang yang berpegang teguh terhadap komitmentnya tidak melihat hidup hanya sebagai tempat untuk meniti karier, melainkan sebagai misi suci (Sacred Mission) untuk menjadikan hidup bermakna lahir batin, bermakna bagi dirinya sendiri terlebih bagi orang-orang disekitarnya. 

4. Percaya dan Cinta Kepada Anak Didiknya.

Seorang guru harus membangun kepercayaan yang indah dalam kehidupan anak didik, dengan modal kepercayaan tersebut anak didik akan tumbuh secara mandiri. Ini berarti bahwa guru harus mengakui dan menyadari bahwa anak didik adalah makhluk yang memilki kemauan yang positif dan layak untuk dibina serta dikembangkan. Hal ini senada dengan Jan Lighthart, seorang ahli didik terkenal yang mengatakan “Semua Pendidikan haruslah didasarkan atas keyakinan bahwa anak didik itu mempunyai kata hati, jika keyakinan itu tidak ada tak perlulah orang mendidik. Orang yang lemah dapat dijadikan kuat, orang bodoh dapat dijadikan pandai tetapi orang yang tak memiliki kata hati tak mungkin diperbaiki”. 


Dari sudut pandang psikologi, setiap orang memiliki dua naluri (Insting) yakni naluri untuk berkelompok dan naluri suka bermain bersama-sama. Jika kedua naluri itu dapat digunakan dengan bijaksana dalam setiap proses pembelajaran tentunya hasilnya akan sangat memuaskan. Seorang guru yang selalu senyum ceria menyapa anak didiknya dan menciptakan suasana belajar yang humoris tentunya akan membangkitkan gairah anak didik untuk lebih serius dan lebih giat dalam menerima pembelajaran.zhalabe.blogspot.com

1 komentar:

Wonk Katro mengatakan...

Sebelum Berngkat ke School, Searching dulu tentang sifat-sifat seorang pendidik. Waouw, Blog Ini Number One. Bermanfaat Sekali, Terima Kasih.

Poskan Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.