Photobucket

5 MANFAAT PERANCANGAN PTK


Photobucket PTK merupakan proses pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis, artinya dilakukan dengan melalui beberapa tahapan.  Untuk lebih memahami dan mendalami tentang PTK, anda dapat membaca postingan sebelumnya yaitu "PTK (Penelitian Tindakan Kelas)" dan "PTK For Teacher".

Dalam konteks penelitian tindakan, perencanaan merupakan keputusan yang diambil oleh peneliti untuk memecahkan masalah. Selanjutnya, menurut Wina Sanjaya ada 5 manfaat perancangan PTK. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

Biasanya peneliti akan dihadapkan pada masalah yang beragam pada saat melakukan identifikasi masalah. Peneliti akan merasa bingung dari mana harus memulai, sebab masing-masing masalah memiliki kedudukan yang sama pentingnya. Melalui perencanaan yang matang, peneliti dituntut untuk dapat memilih dan menentukan masalah yang dianggapnya paling berpengaruh.

Peneliti akan dihadapkan kepada berbagai alternatif yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah pada saat proses analisis masalah. Melalui perencanaan yang matang, peneliti akan dapat menentukan alternatif tindakan yang harus dilakukan sesuai dengan berbagai kemungkinan yang ada.

Seorang peneliti tentunya telah memahami sebelumnya karakteristik tempat penelitiannya, sehingga akan mudah memprediksi hal-hal apa saja yang dapat berpengaruh dalam penelitian dan dapat mengantisipasinya sejak dini.

Untuk keberhasilan dari keputusan alternatif tindakan yang harus dilakukan adalah menyediakan sarana serta alat dan bahan penelitian sehingga melalui perencanaan yang matang, nantinya tidak bingung dalam menentukan serta cara menyediakan alat dan segala sesuatu yang diperlukan.

Pada saat PTK sedang berlangsung, keberadaan instrument sangat diperlukan untuk memantau pelaksanaan tindakan, sehingga hasilnya dapat dijadikan umpan balik dan informasi berharga dalam kegiatan refleksi.

Dari kelima manfaat perancangan PTK diatas, maka jelas begitu pentingnya perencanaan bagi setiap guru atau peneliti dalam melaksanakan PTK. zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.