Photobucket

AKTIVITAS ORANG ASING DI AWASI


PhotobucketENREKANG, SULAWESI SELATAN__Memiliki daerah yang luas, menjadi daerah penyangga untuk kawasan wisata Tana Toraja, serta rencana pembangunan pembangkit listrik yang dilakukan beberapa investor asing di Kabupaten Enrekang.

Terkait hal itu, Imigrasi Kelas II Parepare memperketat pengawasan di Kabupaten Enrekang dengan membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Sipora) yang merupakan gabungan dari personel Pemkab Enrekang dan Imigrasi yang dikoordinir Asisten I, Kasmin Karumpa. 

Kepala Imigrasi Parepare, Afid Priatna, Selasa kemarin. Kegiatan itu dibuka Wakil Bupati Enrekang, Nurhasan didampingi unsur muspida dan DPRD. Menurut Afid, kegiatan pemantauan terhadap orang asing dilakukan untuk mengantisipasi adanya warga asing yang masuk tidak secara prosedural serta menggangu ketertiban umum. "Hanya orang asing yang memberikan manfaat dan tidak mengganggu ketertiban umum yang kita lindungi adalah warga asing yang bermanfaat dan tidak menganggu ketertiban umum. Jadi program ini bukan untuk mempersulit serta menakut-nakuti warga asing," bebernya. 

Dengan adanya tim ini diharapkan mampu bekerjasama lintas fungsi dalam pengawasan orang asing yang dibarengi dengan tuntutan perubahan dan perkembangan masyarakat. Pengawasan orang asing sangat penting dilakukan karena secara langsung maupun tidak langsung keberadaan orang asing tersebut berhubungan dengan perekonomian, informasi, maupun budaya masyarakat. Keberadaan orang asing harus bermanfaat bagi masyarakat, sehingga dibutuhkan pengawasan yang terpadu oleh setiap kalangan termasuk didalamnya masyarakat itu sendiri, sehingga perlu adanya sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berlaku menyangkut orang asing kepada masyarakat.

(Sumber: Pare Pos, Jum'at 28 Oktober 2011)

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.