ATURAN TENTANG SHALAT ZHUHUR, JENAZAH, DAN RAWATIB



Photobucket Apakah ada nash atau dalil hadis bahwa setelah melaksanakan shalat zhuhur dilaksanakan shalat janazah? Kalau ada nash apakah shalat rawatib ba’da shalat zuhur masih dapat dilaksanakan?

Berikut pemaparan dari Ust. Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah):
Waktu setelah zuhur sampai asar, bukanlah waktu yang terlarang untuk shalat. Bahkan setelah zuhur kita disyariatkan untuk shalat ba’diyah zuhur, sebagaimana yang telah kita pahami bersama. Karena itu, boleh shalat jenazah setelah zuhur. 

Selanjutnya bagaimana dengan shalat rawatib ba’diyah zuhurnya? Kapan kita harus melakukannya?

Dalam hal ini tidak ada aturan baku untuk pelaksanaan shalat jenazah dan shalat rawatib ba’diyah zuhur. Orang boleh shalat jenazah dulu kemudian ba’diyah zuhur, boleh juga sebaliknya. Karena shalat rawatib tidak harus dilakukan tepat setelah shalat wajib. Shalat rawatib boleh juga dilakukan meskipun ada jeda yang lama atau bahkan diselingi dengan banyak kegiatan setelah shalat wajib. 

Di antara dalil yang menunjukkan bahwa shalat rawatib tidak harus bersambung dengan shalat wajib adalah hadis yang menganjurkan shalat rawatib di rumah. Dari Mahmud bin Labid radhiallahu’anhu, beliau bercerita, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi Bani Abd Al-Asyhal, kemudian beliau mengimami mereka shalat maghrib. Setelah selesai salam, beliau berpesan

اركعوا هاتين الركعتين في بيوتكم

"Kerjakanlah dua rakaat ini (ba’diyah maghrib) di rumah kalian.” (HR. Ahmad dan dishahihkan Ibnu Khuzaimah)

Ketika orang ingin melaksanakan shalat rawatib di rumah, akan ada banyak jeda antara shalat wajib dengan shalat rawatibnya. Minimal, perjalanan pulang menuju rumah. Karena itu, jika waktunya tidak memungkinkan untuk shalat ba’diyah sebelum shalat jenazah, karena masyarakat menghendaki untuk disegerakan misalnya, maka sebaiknya langsung ikut shalat jamaah tepat setelah zuhur, kemudian setelah itu, shalat rawatib, bisa di rumah, bisa juga di masjid.zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.