Photobucket

RESIKO TINDIK TERHADAP KESEHATAN

Photobucket Trend mode selalu berubah seiring waktu. Kadang perubahan ini begitu cepat dan ekstrim. Dan perubahan ini sering diikuti oleh para remaja. Bahkan para remaja ini dalam mengikuti trend mode sering tidak memperhatikan apapun selain penampilan yang up to date. Betapa pun menariknya sesuatu yang tengah menjadi trend, tidak selamanya baik untuk dilakukan.

Tindik yang dulu hanya didominasi kaum hawa, sekarang sudah bukan hal aneh lagi bagi pria. Tak hanya itu saja tindik yang dulu hanya digunakan di telinga, sekarang sudah "mengembara" ke bagian tubuh lain yang memiliki tulang rawan atau daging lunak, seperti hidung, bibir, alis mata hingga lidah.

Sebagian orang tak menyadari bahaya tindik, yang penting mode dan gaul, namun tak memikirkan resiko kesehatan di baliknya. Terlebih lagi jika tindik dilakukan oleh mereka yang tak memiliki latar belakang medis, sehingga mereka tidak dapat memberikan pengobatan atau perawatan pasca tindik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Tindik lidah contonya, sangatlah berbahaya dan besar resikonya bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung. Mulut manusia mengandung berjuta-juta bakteri, hingga lubang pada daerah tindikan di lidah akan membentuk sarang bakteri, dan disitulah kesempatan besar bakteri ikut mengalir bersama darah dan akhirnya menyebabkan infeksi-infeksi berat dapat terjadi. Infeksi tersebut antara lain seperti:

1. Angina Ludwig.
Infeksi akut yang disebabkan oleh kuman Streptokokus, yang menginfeksi lapisan dalam dasar mulut, yang ditandai dengan pembengkakan yang dapat menutup saluran nafas. Jika saluran ini tertutup, jelas fatal maka akan kesulitan bernafas.

2. Endokarditis.
Infeksi pada endokardium (lapisan dalam jantung) atau peradangan yang serius di katup jantung, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, karena bakteri oral dapat masuk ke dalam aliran darah melalui luka di lidah dan membuka jalan menuju jantung. Nah kalau jantung infeksi, tentu rawan bagi keselamatan. Sebab peran jantung sangat vital bagi kehidupan.

Uraian di atas menunjukkan bahwa tindakan tindik lidah sangat tidak dianjurkan. Resiko kesehatan yang muncul mengancam 2 organ vital sekaligus, yaitu paru-paru dan jantung. Penyakit yang menyerang kedua organ vital ini, seperti infeksi, harus cepat ditangani. Jika tidak, nyawa taruhannya. zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.