CEMBURU TANDANYA CINTA


PhotobucketSifat cemburu adalah sifat naluri manusia yang memang sulit dibendung. Ada yang bilang bahwa orang wanita lebih kuat cemburunya, namun sebenarnya dalam soal ini senada dengan laki-laki dan perempuan. hanya saja kita harus bijak menyikapinya.

Cemburu itu perlu bahkan harus. Namun kita ternyata memosisikan sikap itu harus secara proporsional, jangan sampai, karena terbakar api cemburu (seperti lagunya padi aja...hahhahahha), yang kadang hanya karena curiga yang tak jelas malah menyeret ke persoalan yang lebih besar, dan menciptakan saling percaya inlah yang menjadi modal untuk memperbaiki.


Cemburu tandanya cinta memang benar. Karena sesungguhnya rasa cemburu itu ada suatu tujuan yang tidak lain agar pasangan itu tidak terjatuh ke hal nista ataupun yang menyebabkan disintgrasi. 


Namun kalau ini di sertai buruk sangka atau yang di kenal dengan su'u dzan sampai memata-matai sang pasangan, selalu penuh curiga dan memandang dengan tatapan menuduh bisa berujung mala petaka dan akhirnya bisa sampai disintegrasi (Perpecahan). Namun kita tidah harus membuang jauh bahkan membumi hanguskan rasa cemburu itu terhadap pasangan tidak, namun kita kalau cemburu yang sewajarnya. Ternyata kita tidak boleh terlalu cemburu dan juga terlalu menjaga dalam artian memproteksi.


Dalam Al - Aur'an surat Al-Hujurat : 12 Allah berfirman :


“Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah oleh kalian kebanyakan dari zhan/prasangka, karena sebagian zhan/prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kalian memata-matai…” (Al-Hujurat: 12) 


Ya Allah ternyata kenapa saya baru tau kalau ini tidak baik dari segi akhlak dan juga larangan Allah, Saya mohon ampunan-Mu ya Allah berilah pintu Maaf dengan selebar-lebarnya atas kesalahan yang saya perbuat. Ini semata-mata karena kebodohanku yang selama ini aku belum belajar sampai disini.


Tetapi setelah kita tahu kalau seperti ini namun kita juga tidak boleh memberi kebebasan kepada suatu pasangan yang sehinga nantinya dia bebas berbuat apa semaunya, karena Rasulullah SAW bersabda dalam hadits berikut :



ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْظُرُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ وَالْمَرْأَةُ الْمُتَرَجِّلَةُ وَالدَّيُّوْثُ


“Tiga golongan manusia yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan melihat mereka pada hari kiamat, yaitu orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang menyerupai laki-laki , dan dayyuts.” (HR. An-Nasa`I no. 2562, dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Ash-Shahihah no. 673, 674)

Dalam riwayat Al-Imam Ahmad rahimahullah (2/127) disebutkan dengan lafadz :


ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللهُُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ، وَالْعَاقُّ، وَالدَّيُّوْثُ الَّذِي يُقِرُّ فِي أَهْلِهِ الْخُبْثَ


“Tiga golongan manusia yang Allah Tabaraka wa Ta’ala mengharamkan surga bagi mereka, yaitu pecandu khamr, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dan dayyuts yang membiarkan kefasikan dan kefajiran dalam keluarganya .”


Pengertian dayyuts sendiri adalah seorang lelaki/suami yang tidak memiliki kecemburuan terhadap keluarga/istrinya. Demikian diterangkan Ibnul Atsir rahimahullah dalam An-Nihayah fi Gharibil Hadits (bab Ad-Dal ma’al Ya`).


Karena tidak ada rasa cemburu tersebut, ia membiarkan perbuatan keji terjadi di tengah pasanganya. Pasangan dibiarkan bebas berbuat apapun yang hingga akhirnya si pasangan berselingkuh karena ia sendiri yang membukakan pintu. Naudubilahimindalik....Astagfirullah. Kita mohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT dari kekejian tersebut.


Dan akhirnya mari kita berbaik sangka tanpa melepas penjagaan tidak mencari-cari kesalahan terhindar dari cemburu yang tak ada alasan, cemburu bukan alasan untuk tidak berbaik sangka, selama tidak ada sebab yang pasti untuk mengalihkan husnu zhan tersebut menjadi su`u zhan. Sekali lagi, selama tidak ada alasan ataupun sebab yang pasti! Namun baik sangka pun tidak berarti tidak memberikan batasan. Bahkan yang diinginkan agar dilakukan oleh seorang adalah menjaga pasangannya dengan memberikan “rambu-rambu” kepadanya.




0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.