MAKNA LAMBANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR


PhotobucketUniversitas Muhammadiyah Makassar di dirikan oleh pimpinan wilayah muhammadiyah sulawesi selatan dan tenggara di Kabupaten Watan Soppeng pada tanggal 5 September 1962. Pada tahun 1966 – 1967, Universitas Muhammadiyah Makassar memindahkan Pusatnya ke Makassar dengan menempati gedung Sekolah China yang pada tahun 1966.

Berikut makna dari lambang kampus Universitas Muhammadiyah Makassar:

1. Matahari
Melambangkan Universitas Muhammadiyah Makassar adalah salah satu Perguruan Tinggi yang terhimpun dalam Yayasan Persyarikatan Muhammadiyah, yang secara sadar dan bersungguh-sungguh menebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka turut ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai ciri dan Kepribadian Muhammadiyah.

2. Tulisan Arab berwarna hitam terbaca “Muhammadiyah” dengan latar warna putih
Melambangkan Universitas Muhammadiyah Makassar adalah bagian dari Persyarikatan Muhammadiyah yang secara bersama-sama menyebarkan  da’wah amar ma’ruf Nahi Munkar tanpa kenal lelah dan waktu hingga akhirul zaman.

3. Tulisan Arab Dua Kalimat Syahad terbaca:
“Asyhaduallah Ilaha Ilallah Waasyhaduanna Muhammadarrasulullah”
 
Melambangkan keterbingkaian Universitas Muhammadiyah Makassar ke dalam Persyarikatan Muhammadiyah yang berusaha memancarkan cahaya keimanan tauhid yang mengakui bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan yang layak disembah melainkan Allah dan Nabi Muhammad saw adalah rasul dan utusan Allah yang terakhir.

4. Gambar Padi dan Kapas
Melambangkan tekad Universitas Muhammadiyah Makassar mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh warga negara Indonesia.

5. Kalimat "Universitas Muhammadiyah Makassar"
Melambangkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang terletak
Di Kota Makassar - Propinsi Sulawesi Selatan – Indonesia.

6. Lingkaran berbentuk garis “Segi Lima” dengan Lima Kubah dan Lima Lekuk Kubah
berwarna Kuning Emas

Melambangkan keagungan dan kesucian nilai-nilai Islam yang tercermin dalam lima dasar rukun Islam sebagai kiblat kiprah Universitas Muhammadiyah Makassar dalam menyebarkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

7. Dua buah Bintang mengapit Tulisan Universitas Muhammadiyah Makassar
Melambangkan keseimbangan keberadaan Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai Pengemban Amanat Persyarikatan Muhammadiyah dalam da’wah amar ma’ruf nahi munkar yang selaras dengan falsafah Pancasila.

8. Latar Belakang Biru
Melambangkan keagungan Universitas Muhammadiyah Makassar dalam memancarkan dan menyebarkan nilai-nilai kebenaran menuju masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah Swt.

0 komentar:

Poskan Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.