Photobucket

DUA PESAING PULAU KOMODO

Taman Nasional Komodo mewakili Indonesia dalam kontes tujuh keajaiban dunia dari 28 finalis. Taman nasional yang didirikan pada 1980 ini terdiri dari tiga pulau utama, yakni Komodo, Rinca, dan Pandar. Luas totalnya mencapai 1.817 kilometer persegi. Pulau Komodo sendiri memiliki luas sekitar 603 kilomenter persegi. Dalam laman www.new7wonders.com, sementara ini ada 12.598 pengguna Facebook yang menyukai Taman Nasional Komodo.

Namun, Pulau Komodo bukan satu-satunya peserta yang berasal dari Asia Tenggara. Tercatat, ada dua finalis kontes ini yang menjadi pesaing Pulau komodo yakni Negara Vietnam dan Filipina. Berikut karakteristik dari kedua negara tersebut:

Photobucket1. Halong Bay terletak di Provinsi Quang Ninh, Vietnam. Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau kapur. Bentuknya pun unik dan beraneka ragam. Panjang pantainya mencapai sekitar 120 km dan luasnya sekitar 1.553 kilometer persegi dengan jumlah pulau mencapai 1.969 buah. Beberapa pulaunya berlubang membentuk gua-gua yang sangat besar.Tempat ini memiliki perairan yang dangkal. Menjadi tempat hidup bagi 200 jenis ikan dan 450 jenis moluska. Keunikan lain dari Halong Bay adalah banyaknya danau yang terdapat di beberapa pulau kapur, seperti Pulau Dau Be yang memiliki enam danau.Untuk sementara, dalam laman new7wonders.com, terdapat 3.446 pengguna Facebook yang menyatakan "suka" dengan tempat ini.

Photobucket2. The Puerto Princesa Subterranean River National Park ada di Filipina. Letaknya sekitar 50 km utara Kota Peurto Princesa, Palawan, Filipina. Kawasan ini terdiri dari pegunungan kapur dengan landscape sepanjang 8,2 km. Sungai bawah tanah di taman nasional ini diklaim menjadi yang terpanjang di dunia. Banyak stalagmit dan stalagtit yang unik di tempat ini. Selain itu, banyak terdapat ruangan dalam ukuran yang besar. Mulut gua dihiasi pepohonan tua. Kera, kera besar, dan tupai banyak ditemukan di tempat ini. Untuk sementara, berdasarkan data yang tercantum di laman new7wonders.com, ada 25.534 yang menyatakan menyukai tempat ini.


Ayoo. . . .kita dukung PuLau komodo menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia. . . .Caranya ketik KOMODO kirim ke 9818. . .Hanya Rp1 per sms Lochhh. . .

Jangan mau kaLah dengan negara tetangga!!!

(Referensi: VIVAnews)

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.