FUNGSI MOTIVASI

Photobucket Motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.  Hal inilah yang perlu dimiliki oleh seorang guru untuk kelancaran dan kesuksesan proses pembelajaran yang dilakukannya. Jika ingin anak didiknya tetap fokus pada pelajaran yang dibawakannya, tentunya guru harus selalu memberikan motivasi. Hal ini sesuai dengan pernyataan Guru Ching Hai bahwa "Kesempurnaan suatu pekerjaan terletak pada motivasinya".

Bukan masalah besar bagi guru jika anak didiknya selalu memperhatikan materi pembelajaran yang diberikan. Karena di dalam diri anak didik tersebut memiliki motivasi (Baca: Menanamkan Motivasi Belajar). Anak didik yang demikian, biasanya dengan kesadaran sendiri memperhatikan penjelasan guru. Rasa ingin tahunya lebih besar terhadap materi pembelajaran yang diberikan, sehingga berbagai gangguan yang ada di sekitarnya, kurang dapat mempengaruhi perhatiannya.

Selanjutnya, Oemar Hamalik mengungkapkan tiga fungsi dari sebuah motivasi. Ketiga fungsi motivasi tersebut yakni:
1. Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepas energi.  Motivasi dalam hal ini merupakan penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.

2. Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang akan dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan dua arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.

3. Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut sehingga anak didik dalam proses pembelajaran mengevaluasi perilaku yang dilakukannya. 

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.