MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR

Photobucket Motivasi berpangkal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada didalam diri seseorang untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Menurut Mc. Donald, motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukakan oleh Mc. Donal terdapat tiga elemen atau ciri pokok dalam motivasi yaitu mengawalinya dengan terjadinya perubahan energi, kemudian ditandai dengan adanya feeling,        
dan dirangsang karena adanya tujuan.


Pada intinya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri anak didik yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Dalam kegiatan belajar motivasi sangat diperlukan karena seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.

Dalam membangun motivasi bagi anak didik, seorang guru dapat memperhatikan berbagai hal yang terkait dengan keadaan anak didik. Motivasi yang terdapat pada anak didik dan kita sebagai guru pada umumnya dibagi atas dua, yaitu:

Jenis motivasi ini timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri. Kemauan yang tidak seperti orang lain, bodoh dan miskin, kemauan karena di intimidasi oleh orang yang lebih berkuasa.

Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian anak didik mau melakukan sesuatu atau belajar.


0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.