Photobucket

CARA MELATIH DAN MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI


Photobucket Dibandingkan dengan kepintaran murni dan keahlian teknis, kecakapan emosi lebih memiliki peran agar seseorang berprestasi tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian Ruth Jacobs dan Wei Chen dari Hay/Mc dilondon yang mengemukakan bahwa kemampuan kognitif murni adalah sebesar 27% lebih sering ditemukan pada bidang kinerja dibandingkan pada orang biasa sedangkan keunggulan dalam kecakapan emosi lebih sering yakni  mencapai 53%. Kecerdasan emosi sangat berperan penting dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan hidup. Adapun cara melatih dan meningkatkan kecerdasan emosi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Mengenali emosi diri, berusaha untuk mengidentifikasi apa yang sedang dirasakan atau emosi apa yang sedang ada dalam pikiran seperti marah, takut, kesepian, kecewa dan sebagainya.

2. Melepaskan emosi negatif, dengan melepas emosi negatif maka potensi yang dimiliki lebih dapat dioptimalkan dan menjauhkan dampak negatif bagi orang lain.

3. Mengelola emosi diri. Ada beberapa langkah dalam mengelola emosi yaitu menghargai emosi dan menyadari dukungannya kepada diri sendiri, berusaha mengetahui pesan yang disampaikan emosi dan meyakini bahwa keberhasilan dalam menangani emosi serta gembira mengambil tindakan untuk menanganiya.

4. Memotivasi diri sendiri. Dengan memiliki keterampilan memotivasi diri memungkinkan terwujudnya kinerja yang tinggi di segala bidang, sehingga dengan memiliki keterampilan ini maka cenderung jauh lebih produktif dan efektif dalam berkarya.

5. Mengenali emosi orang lain. Kita dapat membangun empati terhadap apa yang dirasakan orang lain. Keterampilan ini dapat membuat kita lebih efektif dalam berkomunikasi dan merupakan dasar dalam berhubungan dengan manusia secara efektif.

6. Mengelola emosi orang lain. Keterampilan ini merupakan pilar dalam membina hubungan dengan orang lain sebab hubungan umumnya dibangun atas dasar emosi yang muncul dari interaksi antar manusia. Dengan keterampilan ini, mampu membangun hubungan antar pribadi yang kokoh dan berkelanjutan.

7. Memotivasi orang lain. Ini merupakan bentuk lain dari kemampuan kepemimpinan yaitu kemampuan menginspirasi, mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini erat kaitannya dengan kemampuan membangun kerja sama tim yang tangguh dan andal.zhalabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.