Adapun
beberapa pandangan tentang pengertian belajar banyak dikemukakan oleh beberapa
ahli sebagai berikut:
“Belajar adalah proses dimana tingkah laku
ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.”
“Belajar adalah suatu
proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah
laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri
dalam inreksi dengan lingkungannya.”
“Belajar adalah proses
yang berlangsung dalam jangka waktu lama melalui latihan maupun pengalaman yang
membawa kepada perubahan diri dan perubahan cara mereaksi terhadap suatu
rangsangan tertentu.”
“ Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap
dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau
pengalaman.’’
“ Belajar
adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung
secara progresif.”
Berdasarkan pendapat para ahli di atas,
maka disimpulkan secara sederhana bahwa belajar merupakan suatu proses
perubahan yang terjadi pada diri
individu sebagai suatu hasil dari latihan dan pengalaman. Perubahan yang
dimaksud berupa perubahan pengetahuan, tingkah laku, pemahaman, keterampilan
dan kebiasaan serta aspek-aspek lainnya yang terjadi pada diri individu yang
sedang belajar.
Hasil belajar adalah
sebuah kalimat yang terdiri atas dua kata yaitu “ hasil “ dan “ belajar “ yang
memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu untuk memahami lebih mendalam
mengenai makna hasil belajar, akan dibahas dulu pengertian “ hasil belajar”.
Menurut Djamarah(2000: 45), hasil adalah prestasi dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan,
diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. Hasil tidak akan pernah
dihasilkan selama orang tidak melakukan sesuatu. Untuk menghasilkan sebuah
prestasi dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar. Hanya dengan
keuletan, sungguh–sungguh, kemauan yang tinggi dan rasa optimisme dirilah yang
mampu untuk mancapainya.
Sementara itu,Arikunto ( 1990:133) mengatakan bahwa hasil belajar adalah hasil akhir setelah
mengalami proses belajar, perubahan itu tampak dalam perbuatan yang dapat
diaamati, dan dapat diukur”. Nasution ( 1995 : 25) mengemukakan bahwa hasil
adalah suatu perubahan pada diri individu. Perubahan yang dimaksud tidak halnya
perubahan pengetahuan, tetapi juga meliputi perubahan kecakapan, sikap, pengertian,
dan penghargaan diri pada individu tersebut.
Hasil
belajar yang dicapai siswa melalui proses belajar mengajar yang optimal
cenderung menunjukan hasil yang berciri sebagai berikut:
1. Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
2. Menambah keyakinan akan kemampuan dirinya.
1. Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
2. Menambah keyakinan akan kemampuan dirinya.
3.
Hasil belajar yang
dicapai bermakna bagi dirinya seperti akan tahan lama diingatannya, membentuk
prilakunya, bemanfat untuk mempelajarai aspek lain, dapat digunakan sebagai
alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang lainnya.
4.
Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan dirinya
terutaman dalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan
proses dan usaha belajarnya.
Hasil belajar
adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman
belajarnya. Individu yang belajar akan memperoleh hasil dari apa yang telah
dipelajari selama proses belajar itu. Hasil belajar yaitu suatu perubahan yang
terjadi pada individu yang belajar, bukan hanya perubahan mengenai pengetahuan,
tetapi juga untuk membentuk kecakapan, kebiasaan, pengertian, penguasaan, dan
penghargaan dalam diri seseorang yang belajar.
0 komentar:
Posting Komentar
SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.
Terima kasih !!!