Photobucket

GCBM: GERAKAN CINTA BUKU MASSENREMPULU


Merupakan Gerakan Cinta Buku Massenrempulu (GCBM) dikoordinir oleh Naim Muhamad. GCBM berencana untuk membuka posko sumbang buku untuk siswa dan siswi di sekolah-sekolah yang dianggap masih kurang pemberdayaan buku pelajarannya.

PhotobucketNaim menghimbau kepada lapisan masyarakat agar kiranya dapat berpartisipasi dalam gerakan sosial ini. "Jika ada siswa yang telah naik kelas namun masih memiliki buku pelajaran kelas sebelumnya diharapkan berpartisipasi. Sebab buku tersebut sangat dibutuhkan oleh siswa di daerah terpencil," jelas Naim.  

Sasaran GCBM yakni siswa yang tinggal di daerah terpencil. Salah satunya seperti di SDK Dusun Nating, Kecamatan Bungin. Hal ini tercetus setelah melihat langsung kenyataan yang terjadi dilapangan dimana kesulitan untuk mendapatkan buku panduan sekolah yang terjadi di sekolah tersebut. Satu buku paket sekolah digunakan untuk empat hingga lima siswa.

Dijelaskan oleh Naim, pantauan di SDK Nating siswa harus membaca satu buku pelajaran untuk empat hingga lima siswa ini menurutnya tidak effesien. Makanya pihaknya bersama beberapa rekannya membuka kegiatan ini. Untuk saat ini pihaknya sudah berhasil mengumpulkan beberapa buku paket sekolah yang disumbangkan oleh masyarakat termasuk sumbangan satu dos buku pelajaran dari dinas pendidikan Enrekang. 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh oleh Anggota DPRD Enrekang Arfan Rangong, Arfan mengaku sudah pernah melakukan kunjungan ke beberapa sekolah di daerah terpencil dengan permasalahan yang sama. "Jika ingin belajar di rumah, siswa terpaksa pinjam buku di rumah temannya, sementara jarak rumah di daerah terpencil berjarak 500 meter hingga satu kilometer sehingga setelah sampai di rumah siswa tersebut sudak kelelahan dan tak sempat membaca buku tersebut. Makanya saya dukung kegiatan ini," tutur Arfan.zhalabe.blogspot.com

Referensi: Parepos

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.