Photobucket

16000 ANAK RAWAN CAMPAK DAN 18000 RAWAN POLIO DI ENREKANG

PhotobucketENREKANG, SULAWESI SELATAN__Dinas Kesehatan Sulsel saat berkunjung ke Enrekang menemukan sebanyak 16 ribu lebih anak kini berstatus rawan campak dan 18 ribu anak lainnya,  berpotensi terjangkit polio. Yohana Manga SKM, Wasor Imunisasi Dinas Kesehatan Sulsel pun mengimbau, agar segera merealisasikan imunisasi campak pertama terhadap anak-anak usia enam bulan dan imunisasi kedua bagi anak berusia 4-5 tahun atau 11-12 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Enrekang, M Yamin mengatakan, mulai dari 18 Oktober sampai 18 November mendatang, pihaknya akan aktif melakukan imunisasi bayi dan balita. Meski program tersebut sudah sering digalakkan sebelumnya, namun masa imunasi sebulan itu merupakan bulan pencanangan antisipasi polio dan campak di seluruh Indonesia yang mesti dijalankan. "Jadi bagi kita, ini bukan temporary program. Kita akan aktif ikut melakukan penanggulangan di semua sarana kesehatan, seperti posyandu dan puskesmas di tingkat desa dan kecamatan," katanya. 

Untuk mencegah potensi penyakit polio dan campak, Dinas Kesehatan Enrekang mengintensifkan imunisasi di 12 kecamatan di Enrekang. Tentang jumlah kasus polio dan campak, Yamin mengungkapkan, hingga saat ini tidak satu pun bayi dan anak yang terkena penyakit mematikan tersebut di Enrekang. "Ya sampai sekarang tidak ada sama sekali. Makanya untuk mencegah, kita ikut melaksanakan program nasional ini sambil tetap menjalankan program Kabupaten yang telah dicanangkan sebelumnya," terangnya lagi. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Enrekang, H Aswar menerangkan, selain di puskesmas dan posyandu, pihaknya juga aktif memberikan imunisasi campak dan polio di tingkat sekolah. Walau kendala kondisi topografi wilayah Enrekang yang luas dan sulit dijangkau harus dihadapi. "Karena ini perlu, sebab bila seorang anak mendapat satu kali vaksin campak, maka ia akan terlindungi dari penyakit campak seumur hidupnya," pungkasnya. 

(Referensi: Pare Pos Kamis 3 November 2011)

0 komentar:

Posting Komentar

SiLahkan tinggaLkan komentar sebagai jejak bahwa Anda pernah berkunjung di zhaLabe.bLogspot.com.

Terima kasih !!!

(c) 2013 ZHALABE "Reading Is FundamentaL" and Powered by BLogger.